Langsung ke konten utama

Dengan meningkatnya program anti-malaria, perusahaan dapat berkontribusi keahlian berharga dalam manajemen operasi, manajemen proyek, logistik dan distribusi' Sarah Murray, Reporter
Financial Times, special report on Combating Malaria, April 2009
"Sebelum Nets for Life masuk di area ini, anggota masyarakat terbiasa bangun di tengah malam setidaknya empat kali setiap bulan untuk membaptis dan mengurapi anak yang sakit - dan mengubur mereka keesokan harinya. Sejak program ini dimulai, panggilan tengah malam itu pun berakhir … Nets for Life menyelamatkan kehidupan.' Fr. James Okwonga, Mugarus ya Parish, Uganda Okt 2008

Nets for Life

Latar belakang - mengapa kami terlibat

Satu anak meninggal dunia setiap 30 detik akibat malaria di Afrika dan sebanyak 500 juta orang - setara dengan dua kali populasi penduduk Indonesia - terinfeksi setiap tahunnya. Wabah menahun ini merugikan perekonomian global hingga mencapai sekurangnya $12 miliar dalam bentuk hilangnya produktivitas - meskipun malaria sangat bisa dicegah. Sesungguhnya, 30 tahun lalu, menyusul program penyemprotan insektisida oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), malaria berhasil diberantas (atau ditekan semaksimal mungkin) di 37 negara. Situasinya berubah drastis selama dasawarsa terakhir.

Bisnis kami sama kuatnya dengan masyarakat di tempat kami beroperasi. Kami berinvestasi dalam program-program yang menghubungkan berbagai aktivitas bisnis, keahlian dan sumberdaya inti kami dengan isu-isu utama yang dihadapi oleh masyarakat. Malaria mempengaruhi staf, nasabah dan masyarakat Afrika di tempat kami beroperasi - kami percaya bahwa kami wajib bertindak.

Nets for Life - cara kami berkontribusi

Kami bergabung dengan lima donor lainnya pada tahun 2006 untuk meluncurkan Nets for Life dan memberikan satu juta kelambu mengandung insektisida yang tahan lama (LLITN) di 15 negara di Afrika. Di akhir tahun 2008, 1,5 juta kelambu telah didistribusikan sebelum jadwal yang ditetapkan dan sesuai anggaran.

Kami berkomitmen sebesar $5 juta pada bulan Oktober 2008 untuk mendistribusikan lima juta LLITN sebelum 2013. Hingga saat ini 600.000 kelambu telah disebarkan dan 1,2 juta orang sudah diedukasi perihal cara memakainya.

Kami menggunakan 'Agen Malaria' untuk menyebarkan kelambu dan mengajarkan cara penggunaannya kepada penerima. Kami memerkirakan bahwa kurang lebih 25.000 agen malaria dibutuhkan demi distribusi efektif lima juta kelambu. Antara bulan Oktober 2008 hingga Oktober 2009, sudah dilatih 8.854 Agen Malaria.

Tahun ini Nets for Life memenangkan penghargaan tahunan yang kedua berupa Business Leader in the Fight Against Malaria Award di Lusaka, Zambia. Tropi Zambia Association of Chambers of Commerce and Industry (ZACCI) diberikan oleh deputi menteri kesehatan Dr Solomon Musonda. Dr Musonda berkata bahwa ia 'bangga' bisa menyerahkan tropi kepada Standard Chartered, dan menambahkan: "Anda telah berhasil memadukan kepedulian terhadap malaria dalam operasi bisnis Anda dan kepemimpinan Anda menunjukkan suatu langkah maju bagi kami.'

Pemantauan dan evaluasi - mengukur kesuksesan kami

Meskipun kami dapat menjangkau beberapa masyarakat paling terpencil di Afrika sub-Sahara dengan menggunakan jaringan kelompok berbasis kepercayaan dan lembaga swadaya masyarakat, tetapi hanya menyerahkan jaring kepada masyarakat tidaklah cukup. Kami harus melakukan survei data dasar dan memantau indikator utama untuk mengevaluasi apakah target kami terpenuhi, dan apakah diperlukan langkah-langkah perbaikan bagi program distribusi kami. Kami bekerja sama dengan Departemen Kesehatan dan Program Pengendalian Malaria Nasional untuk mendapatkan data ini.

Data pemantauan dan evaluasi kami yang terkini menunjukkan bahwa kami telah mendistribusikan total 1.777.571 kelambu sejak program Nets for Life diluncurkan pada tahun 2006. Dari jaring-jaring ini:

  • 80 persen diberikan pada anak di bawah lima tahun: 1,422,057
  • 16 persen diberikan pada wanita hamil: 284,411
  • empat persen diberikan pada yang lainnya: 71,103

Memberi manfaat bagi masyarakat - bagaimana kami menciptakan perbedaan

Pada bulan Oktober, kami menyelesaikan tahun pertama dari fase dua. Kami mencatat kemajuan yang baik dan banyak pekerjaan dasar yang tuntas tahun ini sehingga menghasilkan manfaat yang nyata di tahun 2010. Fokus kami dalam pengadaan berarti bahwa kami akan menyediakan lebih dari dua juta kelambu di dalam negeri, dan mendistribusikan total 2,7 juta jaring sebelum akhir 2010.

Survei dasar kami mengungkapkan bahwa, rata-rata, hanya empat dari 10 orang di masyarakat yang kami jangkau yang tahu bahwa malaria ditularkan ketika kita melakukan kontak pertama. Angka ini meningkat sembilan dari sepuluh dari hasil studi terkini kami.

Wabah malaria telah menurun dari 1.312 kasus di tahun 2004 menjadi 505 di tahun 2007 di Zambia.

Ikhtisar

Di akhir 2009

  • 13 juta orang terjangkau program Nets for Life
  • 1,7 juta Kelambu Berinsektisida Tahan Lama (LLITN) berhasil disebarkan
  • 65.000 balita berhasil diselamatkan antara tahun 2006 dan 20094
4
Perkiraan pada Desember 2009

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009