Langsung ke konten utama

Saya tidak pernah berpikir tentang kemungkinan untuk bisa melihat lagi. Sekarang saya bisa bekerja dengan semestinya di kantor dan saya bisa mempertahankan pekerjaan saya. Semua berkat Tuhan dan Anda." Chanhala Mondol Penerima Manfaat Dhaka Urban Comprehensive Eye Care Project yang dilaksanakan oleh Sightsavers International dan didukung melalui program Seeing is Believing
Pikirkan dampak memulihkan penglihatan yang bisa dirasakan oleh seseorang dan bagaimana kehidupannya bisa berubah, kemudian kalikan dengan ratusan ribu orang yang telah diobati melalui SiB. Itu merupakan sebuah kontribusi besar - tidak hanya bagi kehidupan individu yang tidak bisa melihat dan kini bisa, tetapi bagi keluarga mereka dan siapa pun yang bersentuhan kehidupannya dengan orang-orang ini." Brian Doolan, CEO Fred Hollows Foundation

Seeing is Believing

Seeing is Believing (SiB) merupakan kolaborasi global kami untuk mengatasi kebutaan yang bisa dihindari di pasar kami. Kami mendanai LSM pengobatan mata terkemuka untuk membantu mencegah dan mengobati kebutaan, dengan semua dana yang dikucurkan langsung untuk merealisasikan proyek yang berjalan. Dalam kurun waktu tujuh tahun, program ini telah berkembang dari sebuah prakarsa sederhana yang digerakkan oleh para staf untuk menggalang cukup dana untuk melakukan 28.000 operasi katarak (mewakili satu operasi per satu anggota staf), hingga prakarsa pendanaan global sebesar $37 juta yang menjangkau lebih dari 30 juta orang. Sebagai sebuah Bank kami berkomitmen untuk menyelaraskan semua dana yang tergalang bagi program hingga targetnya terpenuhi. Penggalangan dana berlanjut digerakkan dengan antusias oleh para staf kami yang terus-menerus mendorong batas-batas ambisi program.

Kebutaan adalah isu utama di seluruh pasar kami. Terdapat 45 juta orang buta di dunia, tetapi 80 persen kebutaan dapat dicegah atau diobati. Sembilan puluh persen kebutaan terjadi di negara berkembang. Ini merupakan suatu masalah ekonomi seperti halnya masalah kesehatan di daerah tempat kami beroperasi. Kerugian global akibat kebutaan yang bisa dihindari dapat mencapai $220 miliar dalam 20 tahun mendatang kecuali ada tindakan tepat yang diambil. Tetapi mengatasi kebutaan yang bisa dihindari merupakan salah satu intervensi kesehatan yang paling hemat biaya: sebuah operasi katarak untuk memulihkan penglihatan memakan biaya rata-rata $30; tes mata dan kaca mata hanya memakan biaya $5; dan seluruh masyarakat bisa dilindungi dari buta sungai hanya dengan biaya $30. Untuk orang tertentu, pengobatan ini bisa berarti perbedaan antara sebuah kehidupan dengan ketergantungan atau kehidupan yang mandiri dan bekerja. Kami melihat hal ini ditunjukkan dalam sebuah kasus di Chanhala dan ratusan ribu lainnya yang telah kami bantu. Dampak dari mengatasi kebutaan tidak hanya membantu memberdayakan orang-orang yang memperoleh manfaat tetapi seluruh keluarga dan masyarakat, sebab mereka yang diobati dapat kembali bekerja atau bersekolah dan masyarakat memperoleh manfaat dari bertambahnya produktivitas ekonomi orang-orang tersebut. Tetapi kami mengharapkan agar fakta-fakta tersebut dipahami dengan jelas oleh semua, sehingga kita bisa bersama mendanai riset akademis, dengan dua mitra LSM kami, untuk lebih memahami efisiensi biaya dalam menangani kebutaan yang bisa dihindari dan dampak ekonominya.

Seeing is Believing

Di laporan kesinambungan kami yang terakhir, SiB berhasil menggalang dana lebih dari $17 juta, sehingga memenuhi target penggalangan dana 2010 tiga tahun lebih awal dari jadwal. Dana tersebut telah diwujudkan dalam bentuk proyek-proyek di 20 negara dan sedang berjalan untuk menciptakan perbedaan bagi kehidupan lebih dari 11 juta orang sebelum akhir 2010. Hingga hari ini, kami telah menjangkau 8,3 juta penerima manfaat di 20 negara melalui dua puluh mitra LSM kami.

  • Kami telah berkontribusi terhadap 2,5 juta operasi katarak
  • Kami telah mengobati 3,8 juta orang dari buta sungai, defisiensi vitamin A dan kondisi lain yang bisa dicegah seperti trakhoma.
  • Kami telah mendanai lebih dari 600.000 refraksi mata dan pengobatan mata lainnya
  • Kami telah melatih lebih dari 39.000 pekerja kesehatan

Penerima manfaat yang tersisa adalah mereka yang menerima perlakuan skrining, pengobatan dasar dan edukasi kesehatan. Melalui program skrining sekolah, misalnya, kita bisa menjamin bahwa ribuan anak menerima pengobatan mata yang dibutuhkan untuk mengoreksi masalah penglihatan yang jika tidak dilakukan dapat mengakibatkan sang anak tidak bisa melihat papan tulis atau bahkan terpaksa meninggalkan sekolah.

Pada tahun 2008, kami meluncurkan A New Vision untuk menggalang dana sebesar $20 juta untuk menyediakan layanan pengobatan mata yang komprehensif dan berkelanjutan bagi 20 juta orang di 20 kota yang membutuhkan di tempat Bank beroperasi. Di tahun pertama, proyek tersebut berjalan dengan baik dan kemajuan yang menakjubkan telah terlihat dalam penggalangan dana dan pengembangan proyek. Di tahun 2009, dana sebesar $3,2 juta berhasil dikumpulkan sehingga diperoleh total dana sebesar $5 juta sejak diluncurkan tahun 2008. Meskipun terjadi gejolak keuangan dan kemunduran perekonomian global tahun lalu, penggalangan dana terus berlanjut untuk mengambil manfaat dari momentum yang kuat, sehingga Bank bisa tetap menggalang dana dollar demi dollar. Kami telah meraih 50 persen dari total target penggalangan dana dan tiga belas proyek telah diselenggarakan di 11 negara. Proyek-proyek ini berencana untuk menjangkau 12,8 juta orang di beberapa area perkotaan paling miskin di seluruh penjuru dunia. Proyek ini akan mewujudkan:

  • Lebih dari 150.000 intervensi bedah (seperti operasi katarak)
  • Lebih dari 790.000 intervensi pengobatan mata medis
  • 5,9 juta layanan refraksi mata untuk membantu mengatasi kebutuhan yang luas akan koreksi gangguan refraktif mata di negara berkembang.

Untuk mencapai semua ini, lebih dari 16.000 staf pengobatan mata akan mendapatkan pelatihan dan 64 unit mata akan dibangun atau diperbarui, sehingga menjamin akses berkelanjutan terhadap layanan bermutu bagi orang-orang dari kalangan miskin dan pinggiran di tapak perkotaan Bank.

Skala, penggalangan dana dan keterlibatan klien

SiB makin bertambah maju dengan meluasnya dukungan staf kami yang menggerakkan aktivitas penggalangan dana di tapak global kami. Penggalangan dana semakin terpadu dalam aktivitas bisnis kami, dengan diakuinya kekuatan SiB dalam melibatkan klien, nasabah dan pemangku kepentingan kami. Misalnya, pada bulan Agustus, bisnis Private Bank kami meluncurkan sebuah paket layanan filantrofi Berinvestasi untuk Masa Depan Lebih Baik dengan SiB yang termasuk sebagai sebuah peluang kemitraan bagi klien. Melalui prakarsa ini, biaya ketiga proyek di India, China dan Afrika dapat terpenuhi. Di samping itu, skema percontohan yang diselenggarakan oleh Consumer Banking di Hong Kong dan Pakistan yang memungkinkan nasabah untuk menukarkan poin reward kartu kredit mereka sebagai sumbangan bagi SiB telah terbukti efektif, dan kini terdapat rencana untuk mengembangkan program ini secara global pada tahun 2010. Di Wholesale Banking, tim Financial Markets menggalang dana lebih dari $200.000 dalam satu hari transaksi dengan mendorong broker mereka untuk menyumbang komisi mereka pada hari itu untuk sekali selama setahun pada Hari Penglihatan Sedunia bagi SiB.

Kemitraan

"Kemitraan adalah suatu istilah yang digunakan secara berlebihan dan banyak kemitraan yang tidak mampu mengatasi perbedaan kekuatan yang ada… Alasan mengapa kemitraan kami dengan Standard Chartered begitu berbeda dan sangat produktif adalah karena kedua mitra begitu gamblang dalam mengemukakan berbagai hal yang berbeda dan terdapat rasa saling menghormati di kedua belah pihak.'

Peter Ackland CEO, International Agency for Prevention of Blindness (IAPB)

SiB merupakan sebuah kemitraan yang menyatukan Standard Chartered, IAPB, sebuah payung bagi LSM pengobatan mata, dan berbagai LSM pengobatan mata terkemuka di dunia seperti Sightsavers International, CBM, Helen Keller International, ORBIS, International Centre for Eyecare Education, Fred Hollows Foundation, Operation Eyesight Universal, Right to Sight dan yang lainnya. Sebagai koordinator dan pendiri, bersama dengan WHO, kampanye global VISION 2020 untuk menghapuskan kebutaan yang bisa dihindari sebelum 2020, IAPB menyarankan pengembangan portofolio proyek, tujuan kesehatan strategis dan kualitas proyek. Badan tersebut juga mendukung hubungan Bank dengan berbagai LSM pengobatan mata dan turut membantu menyesuaikan investasi bagi keunggulan komparatif geografis masing-masing LSM tersebut. Kami menyerahkan dana pada manajer proyek yang berdedikasi di tubuh IAPB yang bertanggung jawab terhadap pemantauan, evaluasi dan jaminan mutu proyek-proyek kami.

Bagi Bank, SiB berarti lebih dari sekedar serangkaian prakarsa penggalangan dana - program ini mewakili sebuah kolaborasi yang mendalam dan strategis di mana Bank telah berinvestasi selama tujuh tahun dalam bentuk energi penggalangan dana oleh staf, komitmen finansial langsung, modal reputasional dan pengawasan tata kelola.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara Bank bermitra melalui SiB, Anda bisa melihat tautan studi independen kemitraan di di sini.

Tata kelola

Prestasi pertumbuhan SIB dilandasi oleh suatu struktur tata kelola yang memanfaatkan keahlian finansial Bank dan jaringan negara untuk memantau berbagai proyek dan menjamin manajemen dana yang ketat. Seiring dengan berkembangnya program ini dalam hal skala dan ambisi, struktur tata kelola juga berkembang untuk mengakomodasi pertumbuhan ini dan lebih lanjut meningkatkan dan mengaktifkan integrasi SiB di seluruh bagian Bank dan fungsi bisnisnya. Tahun ini kami memerkenalkan komite penggalangan dana regional yang terdiri dari CEO tingkat wilayah (country) dan perwakilan dari Consumer Banking untuk mengkoordinir penggalangan dana dan memperluas keterlibatan staf senior. Lebih lanjut, semua proyek dikembangkan dengan keterlibatan aktif tim di tingkat wilayah (country) sehingga menciptakan rasa kepemilikan setempat yang lebih kuat. Hal ini memastikan Bank bisa menambah nilai maksimum bagi kemitraannya di tingkat lokal melalui kesempatan pengembangan bersama program-program advokasi dan kerja-sukarela karyawan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kebutaan yang bisa dihindari.

Seeing is Believing

Masa Depan

Dengan dorongan momentum kuat terus menerus, saat ini sedang dijajaki opsi SiB untuk perluasan program lebih lanjut di masa depan.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009