Langsung ke konten utama

Pembelajaran dan pembinaan

Kami percaya bahwa pembelajaran terus menerus adalah kunci bagi kinerja yang berkesinambungan. Sebagai sebuah organisasi yang berkomitmen untuk membantu karyawan kami mewujudkan potensi mereka, kami mendorong percakapan pembinaan formal dan informal secara rutin dengan manajer lini. Learning@SCB, situs intranet khusus kami, mempromosikan pembelajaran mandiri dan memuat beragam jenis alat pembelajaran serta berbagi kisah sukses dari seluruh jaringan kami. Situs ini menerima lebih dari 400.000 kunjungan sepanjang tahun ini.

Kami berupaya untuk menciptakan tenaga kerja terlibat penuh dan berkinerja tinggi, dan para pemimpin kami bertanggung jawab untuk mewujudkan dan memeliharanya. Untuk lebih mendukung para pimpinan kami, kami telah meningkatkan dan mengembangkan program-program pembinaan kepemimpinan. Kini kami memiliki tujuh program pembinaan kepemimpinan inti, yang dibedakan menurut pengalaman dan tingkat manajemen pesertanya. Leading the Journey, baru-baru ini dirancang bagi para pimpinan kami yang paling senior, memadukan pembinaan diri dengan input yang luas dan berfokus pada masa depan seputar perencanaan strategis, budaya dan perubahan. Program ini melibatkan para pimpinan kami yang paling senior dalam pembicaraan mengenai Standard Chartered yang seperti apa yang kami harapkan serta peran yang mereka mainkan dalam mewujudkan ambisi kami. Bagi manajer di semua tingkat, kami menyediakan Great Manager Programme, yang difokuskan pada dasar-dasar kepemimpinan, dengan modul seputar pembicaraan pelatihan hingga meningkatkan kekuatan tim.

Kami mempekerjakan beberapa talenta tingkat senior kelas dunia tahun ini, yang integrasinya ke dalam budaya kami didukung oleh tim pelatih kepemimpinan yang efektif yang sudah lebih dulu didirikan. Akan tetapi kami memprediksi, seiring pergerakan ekonomi global keluar dari resesi dan para pesaing melanjutkan rencana ekspansi mereka, pasar perekrutan karyawan akan menjadi kian kompetitif. Karenanya penting bagi kami untuk membina dan mempromosikan dari dalam, menciptakan aliran talenta yang berkelanjutan di seluruh organisasi. Tim kepemimpinan yang efektif mendukung lebih dari 200 pemimpin dalam bentuk tatap muka sepanjang tahun ini, dan mencurahkan waktu tambahan bagi tim kepemimpinan kritikal secara global. Sekitar 30 tim bisnis senior dan tim komite manajemen tingkat negara (country) menikmati program yang disebutkan terlebih dahulu, dirancang dan difasilitasi oleh para pelatih kami, dan juga umpan balik yang difokuskan pada perilaku selama rapat bisnis rutin. Semua ini memberikan hasil yang terlihat nyata, seperti:

  • menyelaraskan tim dengan visi dan tujuan bisnis kami
  • meningkatkan keterlibatan dan komitmen staf
  • membuka peluang bagi pembicaraan yang terbuka dan berani
  • mengklarifikasi ketergantungan
  • mempercepat kinerja tinggi dengan meningkatkan kekuatan

Fasilitator kami juga sangat terlibat dalam mendukung para pimpinan secara global menanamkan budaya dan nilai-nilai serta menautkannya dengan hasil akhir bisnis kami. Sebagai contoh, alat bantu umpan balik 360 derajat kami, kini di tahun kedua, telah memberikan umpan balik bagi lebih dari 300 pimpinan kami yang paling senior yang dimasukkan dalam rencana pembinaan mereka.

Kami juga telah meningkatkan upaya kami dalam perekrutan dan pembinaan pimpinan kami di masa depan, melalui International Graduate Programme dan Management Associate Programme.

International Graduate Programme menyediakan sebuah kesempatan yang unik bagi lulusan baru, yang memulai serangkaian rotasi bekerja dengan beragam tim dan dalam proyek-proyek yang melibatkan interaksi dengan rekan kerja di luar negeri. Mereka mempelajari secara langsung pentingnya kesadaran dan kepekaan budaya, dan bahwa cara penyelenggaraan bisnis di satu negara berbeda dengan negara lain.

Kami mendorong lulusan kami untuk mewujudkan jaringan yang beragam di seluruh Bank yang dapat mereka gunakan dan libatkan saat diperlukan. Bekerja dengan beragam budaya dan kebangsaan yang demikian memberikan pengalaman unik bagi lulusan kami yang hanya ditawarkan di segelintir perusahaan saja. Seperempat lulusan yang direkrut tahun ini pindah ke tugas-tugas lintas batas.

Seperti yang dikemukakan oleh Alexis Kang, seorang lulusan internasional kami, "Bercermin ke keadaan dua tahun yang lalu, saya merasa sangat bangga dengan diri saya dan dengan prestasi yang saya raih dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini belum tentu terwujud jika saya tidak mengikuti International Graduate Programme - dengan peta pembinaan yang terstruktur, program-program pelatihan, jaringan dukungan yang kuat dan masih banyak lagi. "

Management Associate Programme kami juga memberikan peluang bagi karyawan baru bergelar Masters of Business and Administration (MBA) untuk bergabung dalam pekerjaan sesungguhnya di hari pertama, dengan target yang ditetapkan, interaksi langsung dengan nasabah dan kesempatan untuk bekerja sebagai bagian dari sebuah tim. Kami menyediakan banyak program pelatihan dan dukungan untuk menunjang kesuksesan mereka, tetapi pada akhirnya kami percaya bahwa tanggung jawab dan akuntabilitas dini membuat mereka berkembang lebih cepat.

Seperti yang diutarakan oleh Payal Dalal, Head of Public Affairs di Amerika, Corporate Affairs, New York: "Setiap hari, saya harus melakukan apa yang saya sukai bagi perusahaan yang saya yakini. Setiap hari selalu berbeda. Hari ini bisa jadi saya berada di Washington untuk berbicara dengan Pemerintah AS perihal hubungan AS-China. Keesokan harinya, saya mengikuti konferensi mempromosikan komitmen menakjubkan Standard Chartered terhadap HIV dan malaria."

Meskipun kami sangat bangga dengan kinerja kami selama krisis ekonomi, tetapi kami sadar akan tantangan yang akan kami hadapi di tahun mendatang. Mempertahankan staf seiring pulihnya kepercayaan diri para pesaing kami adalah tujuan utama kami, dan kami perlu beradaptasi dengan cepat dengan diberlakukannya peraturan baru di pasar keuangan.

Seluruh perkembangan kami dilandasi oleh falsafah untuk menjadi organisasi yang berlandaskan kekuatan. Kami mendorong setiap individu, manajer dan tim untuk mengidentifikasi dan fokus terhadap talenta mereka yang berbeda, dan terus-menerus memberikan tantangan agar mereka berprestasi semaksimal mungkin. Kami mengakui bahwa kekuatan setiap orang berbeda-beda, dan bahwa setiap karyawan akan memainkan peran mereka secara berbeda.

Right start

Studi Kasus: Right Start

Proses induksi kami untuk karyawan baru semakin ditingkatkan di tahun ini dengan diluncurkannya sebuah dunia virtual online yang baru.

Selengkapnya

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009