Langsung ke konten utama

Menarik dan melibatkan talenta

Kesulitan menciptakan peluang. Ini sungguh-sungguh terjadi pada kami sepanjang tahun, karena lingkungan perekonomian yang sulit justru menampakkan kekuatan kami sebagai lembaga keuangan internasional yang menguntungkan dan senantiasa tumbuh. Kami telah memanfaatkan peluang ini dan mencatat kemajuan yang pesat dalam membangun basis talenta yang kuat, dan mengenalkan pengalaman dan talenta baru ke dalam tubuh Standard Chartered.

Karyawan baru, apakah mereka baru dalam industri ini atau orang lama dengan reputasi yang sudah lama diakui di bidang mereka, harus belajar sejak hari pertama perihal nilai-nilai dan budaya kami yang unik. Mulai dari program induksi Right Start kami sampai berkomunikasi dengan Group Chief Executive, karyawan baru kami didorong untuk memahami cara kami berbisnis.

Akan tetapi, kami tahu bahwa memikat talenta hanyalah sebagian dari cerita. Kami ingin agar karyawan membangun karier mereka bersama kami dan mendorong kinerja berkelanjutan kami. Karenanya, penting bagi kami untuk memiliki prakarsa keterlibatan karyawan yang kuat.

Survei Gallup Q12 memberikan evaluasi bertolok ukur tahunan secara eksternal seputar keterlibatan karyawan kami. Dengan 96 persen karyawan yang berpartisipasi, survei ini benar-benar mewakili suara tenaga kerja kami. Meskipun kondisi perekonomian tidak menentu, keterlibatan karyawan kami secara keseluruhan meningkat tahun ini, dan dengan menyetujui tindakan berdasarkan hasil survei ini, tim dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan yang lebih menguntungkan.

Di tiga negara, Korea, Taiwan dan Thailand, hasil survei menunjukkan meningkatnya keterlibatan karyawan secara signifikan, sementara Hong Kong tetap memiliki taraf keterlibatan karyawan kelas dunia. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa manajer kami di negara-negara ini telah menjalankan rencana kerja mereka dan menjaga alur komunikasi yang terbuka. Keberhasilan mereka dimulai di manajemen puncak, dengan tim manajemen yang berkomitmen terhadap rencana kerja bank yang kuat yang terkait dengan strategi bisnis, dan terhadap rencana kerja tim untuk menunjukkan kepemimpinan yang nyata. Selain itu, Korea memilih hingga 700 champion keterlibatan karyawan, yang mengikuti lokakarya dua hari untuk mempelajari lebih lanjut prakarsa global kami untuk melibatkan karyawan dan budaya unik kami. Kami mendorong prakarsa spesifik wilayah (country) ini yang mengatasi permasalahan yang berbeda di tiap wilayah.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa karyawan kami jauh lebih bangga dengan produk dan layanan kami tahun ini, menunjukkan bahwa mereka menjadi dutabesar dan pendukung merek kami yang semakin kuat.

Meskipun kami bersemangat untuk melihat kemajuan karyawan dalam organisasi kami, kami mengakui bahwa tanggung jawab tambahan mungkin memerlukan keahlian dan taraf dukungan baru dari kami. Menanggapi hal tersebut, kami menyelenggarakan Great Manager Programme, serangkaian modul pelatihan untuk mendukung para pimpinan dalam mengembangkan keahlian mereka untuk mengelola tim. Pimpinan di semua tingkat, mulai dari Group Chief Executive kami, Peter Sands, hingga para pimpinan di tingkat wilayah (country) bekerja sama dengan erat dalam program ini untuk mendukung sejawat mereka, menawarkan pengalaman dan kearifan yang diperoleh langsung di lapangan. Sepanjang tahun ini hampir 3.000 manajer ambil bagian dalam program, sementara sumber online yang menyertainya dikunjungi sekitar 75.000 kali.

Kami percaya bahwa interaksi dan komunikasi rutin dua arah antara manajer dan karyawan sama pentingnya bagi kesejahteraan organisasi kami dengan prakarsa di seluruh Group. Tim Sumberdaya Manusia kami bekerja sama dengan manajer untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mereka dalam melakukan percakapan sehari-hari.

Sesungguhnya, kami terus-menerus berupaya mengenali dan menentukan karakteristik tak berwujud yang memberikan kontribusi bagi budaya kami yang unik dan bertekad untuk memperkuatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kami berbagi kisah tentang karyawan kami yang menghidupkan nilai-nilai tersebut dan mengharapkan agar para pimpinan memimpin dengan memberi teladan. Kami terus-menerus berupaya untuk mencari berbagai cara baru guna mengukur keberhasilan pendekatan kami dan juga meningkatkan akuntabilitas individual.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009