Langsung ke konten utama

Dasar-dasar perbankan

Menurut sejarah, kinerja lembaga keuangan diukur berdasarkan laba dan rugi, kinerja harga saham dan keunggulan merek. Dalam dasawarsa terakhir, seiring meningkatnya laba, banyak lembaga industri keuangan yang berfokus dalam jangka pendek dan enggan mempertimbangkan detil kebijakan, prosedur dan pemantauan. Istilah 'tanggung jawab korporat' dan 'kesinambungan' jarang disebut-sebut dalam industri jasa keuangan utama.

Berbagai peristiwa dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah gambaran tersebut secara drastis. Para pelaku di dealing room, relationship manager yang bertanggung jawab atas rekening global, chief executive, investor dan media keuangan semua membicarakan tentang kesinambungan lembaga keuangan. Dalam merumuskan kebijakan, pemerintah dan badan regulator bertanya perihal nilai ekonomi dan sosial dari produk-produk jasa keuangan dan bagaimana aktivitas bisnis sehari-hari dikaitkan dengan pendapatan jangka panjang.

Inti dari isu ini adalah suatu pertanyaan sederhana: apa yang dibutuhkan sebuah bank untuk menjamin bahwa operasionalnya akan berlangsung selamanya? Kemampuan kami untuk menjawab pertanyaan tersebut memberikan kami lisensi untuk beroperasi dan kepercayaan diri untuk berkomitmen melayani kepentingan klien dan nasabah kami.

Tahun ini kami merayakan hari jadi kami ke 150 di Singapura dan Hong Kong. Menjalankan bisnis di pasar-pasar yang kami kenal dengan baik, menyediakan produk yang kami pahami sepenuhnya bagi nasabah yang memiliki jalinan hubungan baik dengan kami merupakan inti dari strategi kami. Staf kami bekerja dalam kemitraan dengan masyarakat di tempat kami beroperasi. Perilaku karyawan kami melandasi cara kami menyelenggarakan bisnis secara berkelanjutan.

Fokus kami terhadap dasar-dasar perbankan merupakan elemen utama strategi sustainabilitas kami. Kami menerapkan suatu pendekatan konservatif terhadap manajemen modal dan likuiditas. Kami memiliki kerangka kerja manajemen risiko yang kuat. Kami mempertahankan basis biaya yang fleksibel. Pendekatan kami membuat kami dapat memberikan komitmen jangka panjang bagi nasabah dan pasar-pasar tempat kami beroperasi. Ini melandasi semua aktivitas yang dikemukakan dalam Tinjauan ini.

Untuk keterangan lebih lanjut perihal fokus kami terhadap dasar-dasar perbankan dan manajemen likuiditas, modal, profil risiko dan basis biaya, lihat Laporan Tahunan dan Pembukuan.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009