Langsung ke konten utama

Keterlibatan pemangku kepentingan

Keterlibatan pemangku kepentingan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari strategi kesinambungan kami dan menjamin bahwa kami menanggapi dengan baik risiko dan peluang yang ada dan tengah berkembang di berbagai pasar tempat kami beroperasi. Hal ini membantu kami untuk menjelaskan prioritas dan mengembangkan kebijakan. Kami juga memperoleh wawasan mengenai cara pemangku kepentingan eksternal memandang kinerja kami dalam isu-isu kesinambungan.

Keterlibatan pemangku kepentingan 2009

Pemangku kepentingan utama kami meliputi, karyawan, nasabah, investor, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), badan-badan sektor dan industri, pemasok, regulator dan pemerintah. Kami menggunakan berbagai pendekatan, diantaranya grup fokus, diskusi bertema dan wawancara langsung, untuk melibatkan para pemangku kepentingan kami sepanjang tahun, dan juga survei seputar loyalitas nasabah dan keterikatan karyawan untuk memahami dan mengatasi berbagai isu yang penting bagi keberhasilan jangka panjang kami.

Tim riset juga mempublikasikan riset mengenai isu-isu penting seputar kesinambungan, yaitu kelangkaan air dan ketahanan pangan, yang kami sampaikan kepada para pemangku kepentingan utama kami.

Sebuah uraian mengenai beragam cara yang kami gunakan untuk melibatkan para pemangku kepentingan utama sepanjang tahun adalah sebagai berikut.

Pendekatan Pendekatan keterlibatan
Karyawan
  • Survei tahunan keterlibatan karyawan, Q12
 
  • Situs jejaring sosial mengenai proyek lingkungan hidup - Greenstorming
 
  • Newsletter bulanan melalui email untuk karyawan seputar aktivitas kesinambungan dari berbagai pasar
 
  • Newsletter elektronik per triwulanan dari World Wildlife Fund, 'PLANETDigMag', menginformasikan kepada karyawan seputar praktik terbaik dalam melindungi lingkungan
 
  • Pelatihan karyawan untuk program Living with HIV
 
  • Kerja sukarela oleh karyawan
Klien dan nasabah
  • Survei loyalitas nasabah tahunan
 
  • Survei kepuasan nasabah bulanan
 
  • Penelusuran keluhan nasabah dan analisis akar masalah
Investor
  • Pertemuan tatap muka
 
  • Meja bundar
 
  • Grup fokus
 
  • Roadshow
Masyarakat
  • Jejaring sosial dan keterlibatan, termasuk peluncuran program edukasi online mengenai Living with HIV - www.vir.us
 
  • Tersedia edukasi HIV - tatap langsung, eLearning dan webLearning, yang tersedia dalam lebih dari 10 bahasa yang berbeda
 
  • Kerja sama dengan badan-badan multilateral dan mitra LSM utama untuk menjalankan program-program investasi masyarakat
 
  • Edukasi bagi klien dan nasabah
 
  • Konferensi
 
  • Kerja sukarela oleh karyawan
LSM
  • Pertemuan tatap muka
 
  • Meja bundar berdasarkan tema
 
  • Partisipasi dalam rapat LSM, misalnya LSM Sektor Swasta
Badan-badan industri
  • Rapat
 
  • Partisipasi panel penasihat
 
  • Konferensi
Badan Pengatur
  • Pertemuan tatap muka
 
  • Komunikasi tertulis secara rutin
 
  • Implementasi aktif mengenai persyaratan regulatori dan keterlibatan dalam proses pengawasan regulatori
Pemerintah
  • Pertemuan tatap muka
 
  • Konferensi dan pembicaraan keterlibatan
 
  • Komunikasi tertulis secara rutin

Kami juga merespons langsung melalui kuesioner dari para analis dan dari email umpan balik di situs web kami: our.sustainability@sc.com

Umpan balik dari pemangku kepentingan mengenai pendekatan kami terhadap kesinambungan

Umpan balik pemangku kepentingan  Bagaimana respons kami
Menunjukkan bagaimana menjadi sebuah bank yang sukses dan dikelola dengan baik, memberikan kontribusi bagi pertumbuhan yang berkelanjutan di pasar-pasar tempat kami beroperasi.   Di tahun 2010, kami akan mengadakan studi dampak sosial dan ekonomi dari operasional kami di dua pasar penting secara strategis di Asia dan Afrika. Kami juga akan menelaah dampak program Seeing is Believing kami.
Lebih lanjut menguraikan bagaimana kesinambungan ditanamkan melalui struktur tata kelola kami.   Lihat bagian tata kelola untuk keterangan lebih lanjut.
Menyoroti kontribusi kami terhadap kepemimpinan pemikiran eksternal dan perdebatan global, misalnya World Economic Forum, Corporate Leaders Group.   Lihat bagian mengenai partisipasi kami dalam Organisasi Industri.

Kelompok pemangku kepentingan utama

a) Investor

Tujuan inti kami dalam membangun sebuah bisnis yang berkelanjutan adalah menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham. Terdapat sebuah konsensus yang terus berkembang di kalangan investor bahwa pengelolaan isu-isu lingkungan, sosial dan tata kelola yang kuat merupakan indikator manajemen yang kuat dan daya saing bisnis yang terjaga. Karenanya, investasi yang berkelanjutan terus berkembang; para penandatangan United Nations Principles for Responsible Investment (UN PRI) saat ini memiliki aset-aset dalam pengelolaan yang mencapai total $21 trilyun. Dengan peningkatan terus-menerus yang diharapkan dalam investasi yang berkelanjutan, fokus pada penggabungan isu-isu lingkungan hidup, sosial dan tata kelola ke dalam keputusan investasi keuangan diharapkan terus meningkat.

Untuk meningkatkan kesadaran terhadap strategi kesinambungan kami dan merespons masukan seputar isu-isu penting dari para investor kami, kami telah menjalin hubungan dengan investor terkemuka yang bertanggung jawab secara sosial dan para peneliti di Inggris, Prancis, AS, Hong Kong, Italia dan Norwegia.

Untuk memperkuat dan memperluas hubungan ini, Group Sustainability dan Investor Relations mengadakan roadshow SRI di Paris pada bulan November. Kami menunjukkan pendekatan terpadu kami untuk mengelola berbagai risiko jangka pendek, menengah dan panjang dan cara kami mengubahnya menjadi berbagai peluang. Selanjutnya, 75 persen dari 14 perusahaan SRI yang telah kami jumpai memiliki pandangan yang lebih positif terhadap kinerja kesinambungan kami dan 50 persen diantaranya memandang kami sebagai yang terdepan dalam kesinambungan.

Terdapat pertumbuhan minat dalam investasi yang berkelanjutan di Asia, yang didorong oleh paket-paket stimulus ekonomi dari pemerintah guna memfasilitasi suatu transisi menuju perekonomian rendah karbon. Kami mengadakan forum-forum Association for Sustainable and Responsible Investment in Asia (ASRiA) di Hong Kong mengenai pembiayaan energi terbarui.

Kami menerima penilaian yang baik dari SRI dan untuk tahun kedua yang sedang berjalan kami termasuk dalam GS SUSTAIN, sebuah kerangka kerja yang dirancang oleh Goldman Sachs untuk mengidentifikasi perusahaan-perusahaan berposisi terbaik dalam mempertahankan keunggulan kompetitif, pendapatan yang luar biasa dan kinerja pasar ekuitas yang unggul, dibandingkan dengan perusahaan sejenis dalam tiga hingga lima tahun. Kami juga tercantum dalam indeks FTSE4GOOD.

FTSE4good

b) Lembaga swadaya masyarakat (LSM)

Kami secara proaktif melibatkan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk mengidentifikasi isu-isu sosio-ekonomi, tata kelola dan lingkungan hidup yang sedang berkembang dan untuk menggunakan keahlian mereka dalam merumuskan strategi dan kebijakan kesinambungan kami. Pada bulan Januari kami mengadakan dua grup fokus dan tiga wawancara langsung dengan beberapa LSM untuk meminta umpan balik mereka berkenan dengan makalah posisi sektor dan masalah posisi kami. Kami terus menggabungkan wawasan mereka ke dalam praktik bisnis berkelanjutan kami yang terus berkembang.

Dengan situasi perekonomian tahun ini dan kemungkinan dampaknya terhadap agenda pembangunan di Afrika, pada bulan Maret kami mengadakan sebuah pengarahan singkat bagi 24 LSM, dan organisasi pembangunan, yang beroperasi di Afrika, bekerja sama dengan tim Group Research. Upaya ini mendorong peningkatan kesadaran terhadap isu-isu ekonomi, merangsang perdebatan dan lebih memperdalam hubungan kami dengan para klien organisasi pembangunan kami.

c) Organisasi Industri

Pada tahun 2009, kami berpartisipasi dalam sejumlah forum industri dan berkontribusi dalam perdebatan global yang mencakup agenda kesinambungan yang lebih luas. Ini mencakup:

  • Menjadi ketua Komunitas Pengelola Jasa Keuangan di Forum Ekonomi Dunia
  • Memberikan masukan untuk berbagai badan regulator internasional sebagai tanggapan terhadap krisis ekonomi, termasuk penyerahan tinjauan Walker and Lord Turner
  • Mnejadi ketua Prakarsa Pembiayaan United Nations Environment Programme (UNEP)
  • Berperan sebagai anggota pendiri Prinsip-prinsip Iklim
  • Ambil bagian dalam panel penasihat International Finance Corporation (IFC) mengenai pelaporan gender, yang menghasilkan sebuah panduan sumberdaya
  • Mengadakan dua forum investor atas nama Association for Sustainable and Responsible Investment (ASrIA) di Hong Kong

d) Keterlibatan masyarakat

Kami terus melibatkan masyarakat di wilayah operasional kami dan menjalankan berbagai program di tingkat global, regional dan negara. Tiga program global kami adalah Seeing is Believing, Living with HIV dan Goal. Nets for Life adalah program regional kami di Afrika.

Seeing is Believing, yang berawal tahun 2003, berhasil memberikan manfaat bagi 8,3 juta jiwa. Kami telah berkontribusi pada 1,5 juta operasi katarak, mengobati 3,8 juta orang dari buta sungai dan defisiensi vitamin A, dan mendanai lebih dari 600.000 refraksi dan pengobatan mata lainnya, dengan penerima manfaat lainnya menerima pengobatan dasar dan pendidikan kesehatan.

Program Living with HIV digerakkan oleh lebih dari 1.150 HIV Champion di 50 negara, yang telah dilatih selama dua tahun terakhir. Bekerja sama dengan masyarakat setempat, HIV Champion kami mengadakan sesi edukasi tatap muka langsung bagi 630.000 orang di tahun 2008 dan 2009. Tahun ini kami juga meluncurkan situs web edukasi HIV dan AIDS di tahun 2009 - www.vir.us

Goal, program kami bagi pemberdayaan perempuan, berdampak terhadap kehidupan lebih dari 1.600 anak perempuan di India melalui program-program Goal di Delhi, Mumbai dan Chennai. Kami sedang memperluas program-program tersebut di tahun 2010.

Nets for Life adalah program regional kami di Afrika untuk mencegah wabah malaria. Kami berkomitmen sebesar $5 juta pada bulan Oktober 2008 untuk mendistribusikan lima juta kelambu tidur berinsektisida sebelum 2013. Sejak program tersebut diluncurkan, 1,7 kelambu telah disebarkan dan 3 juta orang sudah diedukasi perihal cara pemakaiannya.

Setiap operasional kami di tingkat negara (country) menciptakan program-program sendiri untuk melibatkan masyarakat setempat.

e) Klien dan nasabah

Kami percaya bahwa berpusat pada klien dan berfokus pada nasabah akan memperdalam hubungan kami dengan nasabah dan klien tersebut dalam mewujudkan kinerja finansial berkelanjutan. Baik dalam Consumer Banking maupun Wholesale Banking, kami telah memperluas penawaran produk kami guna memenuhi kebutuhan nasabah dan klien. Kami juga telah memperkuat proses penanganan keluhan.

Fokus masa depan

Di tahun 2010, kami akan terus menanamkan pendekatan kesinambungan kami dengan menggunakan berbagai produk dan layanan inti untuk mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan dan menyampaikan dampak yang kami rasakan sebagai sebuah Bank dalam aspek perekonomian riil, sosial dan lingkungan hidup.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009