Langsung ke konten utama

Mikro finansial

Di Standard Chartered, kami percaya bahwa kinerja keuangan jangka panjang kami bergantung pada kondisi sosial dan lingkungan hidup yang berlaku di pasar-pasar tempat kami beroperasi. Kami juga mengakui bahwa kami berada dalam suatu posisi yang dapat memberikan dampak sosial positif bagi pasar-pasar ini.

Suatu elemen utama dalam fokus kami untuk membangun sebuah bisnis yang berkelanjutan adalah meningkatkan akses menuju sektor-sektor populasi tersebut baik yang tidak tersentuh atau belum sepenuhnya tersentuh sektor keuangan utama. Melalui pengadaan jasa keuangan dasar, populasi di dasar piramida berkesempatan untuk membangun kehidupan mereka, membiayai pendidikan dan pelayanan kesehatan dan terlibat dalam aktivitas ekonomi, sehingga mereka dapat mewujudkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Bisnis mikro finansial memungkinkan kami untuk melayani segmen ini dan berkontribusi dalam pemberantasan kemiskinan dan perkembangan ekonomi di pasar-pasar kami. Kami menyediakan produk dan layanan perbankan serta bantuan teknis bagi lembaga mikro finansial sehingga mereka dapat membangun kapasitas mereka dan dapat memiliki kestabilan finansial.

Selama tiga tahun terakhir kami telah mengucurkan kredit dan instrumen finansial sebesar $540 kepada 63 lembaga mikro finansial di 14 negara berikut:

  • Bangladesh
  • Uganda
  • Botswana
  • Yordania
  • Zambia
  • China
  • Kenya
  • Sierra Leone
  • Ghana
  • Nepal
  • Afrika Selatan
  • India
  • Nigeria
  • Tanzania

Kami juga mendukung berbagai lembaga mikro finansial dan para investor yang bertanggung jawab secara sosial di Afghanistan, Gambia, Sri Lanka, Indonesia, Pakistan, Filipina, AS dan Eropa, dengan menyediakan layanan dan produk perbankan transaksi kami.

Mikro finansial  memberikan manfaat bagi masyarakat lokal di Tanzania

Studi Kasus: Mikro finansial memberikan manfaat bagi masyarakat lokal di Tanzania

Pendekatan kami paling baik ditunjukkan oleh dampak dari salah satu transaksi mikro finansial kami di Tanzania terhadap masyarakat setempat.

Selengkapnya

Strategi

Kami menerapkan suatu pendekatan mikro finansial wholesale, menyediakan beragam produk dan layanan perbankan bagi lembaga-lembaga mikro finansial di Asia, Afrika dan Timur Tengah, yang mendukung rencana mereka untuk memperluas jangkauan dan dampak. Kami juga bekerja sama dengan investor yang bertanggung jawab secara sosial dan memfasilitas pengenalan pada lembaga-lembaga mikro finansial.

Kami berinvestasi dalam berbagai prakarsa bantuan teknis, membangun keahlian kami dalam tata kelola, manajemen risiko dan sumberdaya manusia, untuk berbagi praktik terbaik dengan para mitra mikro finansial kami. Kami juga telah mendukung riset dan inovasi, kegiatan industri yang dipromosikan dan bila memungkinkan, turut mempengaruhi kebijakan regulatori.

Komitmen kami terhadap mikro finansial ditunjukkan oleh pertumbuhan dan perluasan keterlibatan kami di pasar, meskipun kondisi perekonomian global tidak menguntungkan.

Total pendanaan mikro finansial 2005 2006 2007 2008 2009
Pinjaman diperluas $24 juta $70 juta $170 juta $385 juta $540 juta
Rata-rata pendanaan $1 juta $2 juta $4 juta $7 juta $8 juta
Jumlah individu yang terpengaruh* 160,000 470,000 1,2 juta 2,6 juta 3,6 juta
Jumlah lembaga mikro finansial 21 31 45 52 63
*
Berdasarkan asumsi rata-rata besar pinjaman $150 dalam mata uang lokal.

Prestasi kami di tahun 2009

  • Komitmen senilai $500 juta terpenuhi: Pada Prakarsa Global Clinton di bulan September 2006, kami berkomitmen untuk mengucurkan instrumen keuangan dan kredit sebesar $500 juta kepada lembaga mikro finansial di Asia dan Afrika dalam waktu lima tahun. Sebelum Desember, kami telah mendistribusikan total $540 juta kepada sektor tersebut, dua tahun lebih awal dari pada target komitmen kami, yaitu tahun 2011. Kami telah menyediakan pembiayaan bagi 63 lembaga mikro finansial di 14 negara, sehingga memberi manfaat bagi kurang lebih 3,6 juta orang.
  • Transaksi pasar modal: Kami telah membantu berbagai lembaga mikro finansial dalam mengakses pasar modal, termasuk dua transaksi utama di India yang mencapai nilai gabungan $32 juta.
  • Mempererat hubungan klien: Kami telah memperkuat dan memperdalam hubungan yang sudah ada di pasar-pasar utama di Asia dan Afrika dan memberikan pendanaan tambahan bagi lembaga mikro finansial di negara-negara seperti India, Bangladesh, dan Kenya.
  • Melayani investor yang bertanggung jawab secara sosial: Kami memperkenalkan sebuah model hubungan baru bagi para investor yang bertanggung jawab secara sosial dalam sektor mikro finansial, termasuk dana mikro finansial, bilateral, multilateral dan perantara yang memberikan kemampuan produk dan jaringan kami dan membantu para investor untuk mengakses lembaga mikro finansial di Asia dan Afrika.
  • Pengakuan industri: Microfinance Institution Loans for Asia and Africa (MILAA) kami, suatu transaksi partisipasi risiko senilai $93 juta, dianugerahi Best Structured Finance Deal (Transaksi Keuangan Terstruktur Terbaik) di Afrika oleh The Banker. Terpilih sebagai salah satu transaksi terbaik tahun ini oleh publikasi yang sangat berpengaruh merupakan indikasi nyata atas peran terdepan kami dalam sektor mikro finansial.
Akses pasar modal untuk sektor Mikro Finansial

Studi Kasus: Akses pasar modal untuk sektor Mikro Finansial

Antara bulan April hingga Juni, Standard Chartered India menyelesaikan transaksi penting untuk dua lembaga mikro finansial (MFI) terbesar di negara tersebut...

Selengkapnya

Studi Kasus: Memperluas batasan untuk sektor Mikro Finansial di India

Sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan akses terhadap pembiayaan dan lebih menjangkau mereka yang tidak menikmati layanan perbankan, tim kami di India membentuk suatu kemitraan dengan Maanaveya Holdings & Investment, suatu perusahaan Oikocredit.

Selengkapnya

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009