Langsung ke konten utama

Bantuan teknis mikro finansial

Kami terus mengembangkan strategi bantuan teknis kami untuk sektor mikro finansial, yang diluncurkan tahun 2008, yang memanfaatkan keahlian kami dalam tata kelola, manajemen risiko dan sumberdaya manusia. Menyediakan bantuan teknis merupakan prioritas utama kami tahun ini. Prakarsa-prakarsa tersebut meliputi platform kepemimpinan pemikiran, konferensi, termasuk kegiatan promosi khusus, dan pelatihan bersasaran.

Pelatihan bersasaran untuk mitra lembaga mikro finansial

Kami mengadakan lokakarya Mengelola Sumberdaya Manusia dalam Industri dengan Pertumbuhan Tinggi di India pada bulan Februari. Ini merupakan bagian ketiga dari Rangkaian Pengelolaan Pertumbuhan dalam Mikro Finansial yang diluncurkan tahun 2008, menyusul lokakarya terdahulu mengenai tata kelola perusahaan dan kesiapan investasi. Chief Executive dan kepala sumberdaya manusia dari 35 lembaga mikro finansial menghadiri lokakarya tersebut, dan membahas tantangan seputar sumberdaya manusia dalam sektor keuangan dan isu-isu terkait pertumbuhan dalam sektor mikro finansial dan pembangunan. Standard Chartered China mengadakan hari praktik terbaik pada bulan September. Melibatkan China Foundation for Poverty Alleviation (CFPA) dan bisnis Consumer Banking kami, termasuk Standard Chartered Village Bank, melalui kegiatan ini kami dapat berbagi pengetahuan produk dan pengalaman kami dalam produk-produk pinjaman dan alur proses dengan lembaga swadaya masyarakat terbesar di China di bidang pemberantasan kemiskinan.

Kami memberikan sponsor bagi empat lembaga mikro finansial teratas untuk mengikuti program dua hari di Lembaga Pelatihan Bursa Saham Bombay pada bulan Agustus. Pelatihan tersebut memberikan panduan dalam persiapan rencana Penawaran Umum Perdana (IPO) dan memahami peran yang dapat mereka mainkan di masa mendatang.

Kegiatan Kepemimpinan Pemikiran

Manajemen senior kami secara aktif berkontribusi pada seminar dan konferensi internasional yang mempromosikan mikro finansial di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Kami mengadakan dan mendukung sejumlah konferensi besar di sektor mikro finansial pada tahun 2009, di antaranya:

  • Second Annual Global Microfinance Investment Congress, yang diadakan di New York pada bulan Mei, yang memberikan suatu wadah bagi lembaga mikro finansial, investor kelembagaan dan pakar mikro finansial untuk saling berbagi sudut pandang seputar arah investasi mikro finansial saat ini dan di masa mendatang
  • konferensi Investments in Microfinance yang diadakan di London pada bulan Juli yang dihadiri oleh para investor terkemuka, lembaga pembiayaan mikro, pakar dari sektor swasta, berbagai bank dan yayasan pembangunan. Para peserta saling berbagi model termutakhir yang digunakan untuk mengelola risiko dan menelaah teknik-teknik utama yang digunakan untuk menjamin agar pembiayaan mikro tetap berkelanjutan
  • Pertemuan Bankir Mikro Finansial satu hari diadakan di Mumbai pada bulan Oktober. Dihadiri oleh para bankir senior, badan regulator dan pembuat kebijakan, yang bertujuan untuk menyatukan komunitas pemberi pinjaman untuk saling berbagi pandangan dan kepedulian, membahas praktik-praktik terbaik dan mengidentifikasi tindakan yang dapat diambil oleh komunitas perbankan untuk membantu mengembangkan sektor tersebut
  • Standard Chartered India juga turut menjadi salah satu penyelenggara SRIJAN Awards 2009 pada bulan Desember. Kegiatan ini sudah memasuki tahun ke tiga dengan 300 peserta. Penghargaan diberikan bagi inovasi dalam mikro finansial, dan menyediakan forum untuk membahas berbagai isu yang sedang berkembang. Penghargaan diberikan dalam berbagai kategori sebagai pengakuan terhadap peningkatan transparansi, teknologi baru, layanan yang difokuskan pada klien dan lembaga mikro finansial baru.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009