Langsung ke konten utama

UKM di Pakistan

Tahun ini kami bekerja dalam suatu kemitraan dengan International Finance Corporation (IFC) untuk mewujudkan program pelatihan percontohan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Pakistan. Ini merupakan tanggapan terhadap Panggilan Aksi 2008 yang diluncurkan oleh Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, di mana beliau mengimbau sektor swasta untuk memanfaatkan keahlian bisnis utamanya guna membantu mewujudkan tujuan-tujuan Target Pembangunan Milenium PBB yang ditujukan untuk mengatasi tantangan pembangunan dunia sebelum 2015.

Program kami difokuskan pada "K" dalam UKM, yang ditargetkan pada berbagai bisnis berpotensi tumbuh yang umumnya tidak terlayani oleh sektor keuangan. Chief Executive kami di Pakistan Badar Kazmi mengadakan lokakarya pertama dengan Gubernur Bank Sentral Pakistan di Lahore pada bulan Maret. Lokakarya selanjutnya diadakan di Gujranwala, Faisalabad, dan Sialkot.

Program tersebut melibatkan 146 peserta UKM, 90 persen diantaranya merupakan nasabah lama. Kami menyediakan dua modul pelatihan: yang pertama mengenai pembiayaan dan pembukuan dasar dan yang kedua mengenai layanan nasabah. Kedua modul ini berlandaskan pada toolkit BusinessEdge IFC. Kami juga menyediakan sesi mentoring satu hari setelahnya pada tahun yang sama, di masing-masing kota tersebut.

Kami mengadakan survei dasar dan pasca pelatihan untuk mengukur kepuasan, perubahan perilaku, dan dampak bisnis dari penyelenggaraan program ini.

Untuk UKM:

  • Peningkatan Keahlian Manajemen Bisnis - 69 persen peserta secara langsung menerapkan pelatihan ke aktivitas bisnis mereka.
  • Pelaporan Keuangan yang Semakin Kuat - jumlah peserta yang menyiapkan laporan arus kas meningkat dari 70 persen menjadi 90 persen, dan jumlah peserta yang menyiapkan laporan rugi laba meningkat dari 81 persen menjadi 89 persen. Peningkatan Riwayat Kredit - sebelum pelatihan, 20 persen laporan e-CIB (Electronic Credit Information Bureau) peserta menyoroti riwayat kredit yang tidak teratur. Setelah pelatihan, 71 persen dari peserta dengan riwayat kredit yang tidak teratur menghapuskan atau menurunkan jumlah tunggakan.

Untuk Standard Chartered:

  • Kami dapat menujukkan komitmen kami sebagai mitra bisnis jangka panjang bagi klien UKM.
  • Memperkuat hubungan kami dengan para pemangku kepentingan setempat melalui kolaborasi dengan Bank Sentral Pakistan, kamar dagang setempat, dan IFC.

Pada tahun 2010 kami akan menuai kesuksesan percontohan ini serta menjalankan program ini di beberapa negara lainnya di tapak geografis kami.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009