Langsung ke konten utama

Mikro finansial memberikan manfaat bagi masyarakat lokal di Tanzania

mikro finansial

Pendekatan kami paling baik ditunjukkan oleh dampak dari salah satu transaksi mikro finansial kami di Tanzania terhadap masyarakat setempat.

PRIDE Tanzania merupakan salah satu klien mikro finansial kami di Tanzania. Kami menyediakan fasilitas pinjaman dan cerukan berjangka dan juga layanan perbankan transaksi bagi PRIDE, yang selama lebih dari lima tahun terakhir mencapai jumlah $7 juta. Pendanaan kami membantu PRIDE untuk mendukung beberapa klien mikro finansialnya dengan menyediakan layanan pinjaman mikro dan pengembangan usaha.

Dampak positif dari hubungan kami dengan PRIDE Tanzania digambarkan dengan baik oleh kisah salah satu klien mereka, Modesta Luka Mwangata. Ia menjadi independen secara finansial dan pengusaha wanita yang sukses setelah menerima dana pinjaman mikro finansial dari PRIDE Tanzania. Kisahnya begitu unik sebab Modesta adalah penyandang tuna rungu.

Jalan Modesta menuju sukses tidaklah mudah. Ia berkata, 'Dulu saya diabaikan oleh orangtua saya karena keadaan saya.' Dibesarkan oleh bibinya, Modesta mendapatkan pendidikan sekolah tingkat dasar dan, di hari libur, ia dimasukkan ke Asosiasi Tuna Rungu di Tanzania. Asosiasi tersebut mengajarinya dasar-dasar bisnis, yang banyak memberikan manfaat bagi dirinya.

Modesta mengetahui layanan yang disediakan oleh PRIDE Tanzania dari jemaat gerejanya. Lembaga mikro finansial tersebut memberikan pinjaman sebesar TZS50.000 (setara dengan $40) untuk membuka bisnis sebagai penyedia makanan. Saat mengembalikan pinjaman, Modesta meminjam sebesar TZS150.000 untuk memulai bisnis penjualan baju. Ketika pinjaman dibayarkan, PRIDE Tanzania menawarinya dana sebesar TZS500.000 untuk meningkatkan bisnisnya dan membangun sebuah kedai kayu. Dengan pinjaman lebih lanjut sebesar TZS 1 juta, Modesta memulai sebuah kerajinan perabot di Mwenge di Dar es Salaam, kota terbesar di Tanzania.

Modesta saat ini menjadi salah satu nasabah utama di cabang PRIDE di Magomeni, yang mendapat pinjaman sebesar TSZ 2 juta ($1.600). Keberhasilannya membuatnya mampu membesarkan anak, dan membantu penyandang tuna rungu lainnya untuk memahami manfaat pinjaman mikro finansial bagi pemberdayaan ekonomi. Dengan mengakses sistem finansial, Modesta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan, seperti yang dikatakan, ia "sekarang menjadi wanita terhormat" dalam masyarakatnya.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009