Langsung ke konten utama

Penjualan Bertanggung Jawab

Penjualan dan pemasaran yang bertanggung jawab

Di Standard Chartered, kami selalu meyakini bahwa memperlakukan nasabah dengan adil dan menerapkan suatu langkah yang bertanggung jawab dalam menjual produk-produk atau memasarkan layanan kami adalah kunci bagi sebuah hubungan nasabah yang kuat. Pendekatan yang demikian tidak hanya selaras dengan Budaya dan nilai-nilai, tetapi juga penting untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan.

Krisis keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tidak diragukan lagi mempengaruhi kepercayaan nasabah terhadap lembaga keuangan. Di seluruh industri, sejumlah investor menderita kerugian karena mereka membeli produk yang tidak sesuai dengan risiko profil mereka. Akibatnya, isu pemasaran dan penjualan bertanggung jawab menjadi fokus utama dalam agenda bagi banyak badan regulator keuangan di seluruh dunia. Kami menyambut baik perkembangan ini dan akan bekerja sama dengan badan pengatur untuk memastikan tersedianya perlindungan dan kebijakan untuk menjamin bahwa nasabah dilindungi dari praktik penjualan yang tidak tepat. Kami akan memantau dan menerapkan berbagai peraturan dan regulasi setelah diberlakukan di pasar-pasar tempat kami beroperasi.

Regulator utama kami, Financial Services Authority (FSA) di Inggris, telah menjadikan Treating Customers Fairly sebagai sebuah batu pijakan bagi prinsip-prinsip bisnis yang berhubungan dengan penjualan dan pemasaran bertanggung jawab. Kami menyambut gerakan ini sebab selaras dengan sudut pandang jangka panjang kami.

FSA telah menetapkan enam hasil akhir yang melandasi prinsip-prinsipnya untuk memperlakukan nasabah dengan adil, akan tetapi kami percaya bahwa memperlakukan nasabah dengan adil adalah lebih dari sekedar memenuhi standar-standar ini. Dimulai dari hari pertama karyawan bergabung dengan kami, saat mereka mengalami budaya kami untuk pertama kali dam melihat langsung bahwa rekan kerja mereka begitu antusias untuk bersikap adil dalam seluruh urusan dengan nasabah. Memperlakukan nasabah dengan adil mengedepankan loyalitas dan merupakan inti dari terbentuknya hubungan jangka panjang yang berharga. Kami percaya bahwa hal ini adalah kunci bagi bisnis yang benar-benar berkelanjutan.

Memperkenalkan langkah-langkah tata kelola yang tepat dan menggunakan informasi manajemen memastikan bahwa kami terus meningkatkan kinerja kami. Di beberapa pasar tempat kami beroperasi, standar-standar yang demikian membedakan kami dari para pesaing lokal dan menyoroti kami sebagai sebuah bank dengan standar dan kemampuan berskala internasional.

Pemisahan pasar finansial juga menunjukkan bahwa penjualan dan pemasaran yang bertanggung jawab bukan sekedar mengetahui kapan seharusnya pinjaman tidak dikucurkan tetapi mengetahui kapan pinjaman sebaiknya dikucurkan juga sama pentingnya. Karena lembaga keuangan mengalami kondisi likuiditas yang ketat, maka usaha kecil di seluruh dunia mengalami kesulitan untuk meminjam uang. Dalam krisis ini kami telah mempertahankan pendekatan disiplin kami dalam memberikan pinjaman, senantiasa memenuhi kebutuhan para nasabah ini, dan pada saat yang sama menjamin ketersediaan perimbangan pemeriksaan yang tepat. Kami juga telah mendukung klien Wholesale Banking dalam melalui masa sulit ini dengan menyediakan pinjaman dan lini perdagangan. Kami telah mendukung klien yang perlu mengambil keputusan yang sulit dalam menghadapi kondisi pasar yang menurun dan hal ini telah membantu kami menjadi jauh lebih kuat serta menjalin hubungan yang lebih erat dengan mereka.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009