Langsung ke konten utama

Anti pencucian uang

Hasil dari tindakan kejahatan seperti penipuan atau penjualan obat terlarang perlu disamarkan dan disembunyikan. Teknik serupa dapat digunakan oleh mereka yang terlibat dalam pembiayaan terorisme. Hal ini memposisikan bank di garis depan dalam upaya memerangi berbagai jenis pencucian uang yang dapat menggerogoti stabilitas perekonomian dan sosial.

Kebijakan kami dalam APU selaras dengan persyaratan Financial Services Authority (FSA), regulator kami, dan dengan standar-standar praktik terbaik internasional seperti rekomendasi FATF (Financial Action Task Force) Tetapi program pencegahan kami bersifat dinamis. Mengingat prakarsa pemerintah untuk memerangi kejahatan yang terorganisir menjadi semakin efektif dan pengawasan yang diterapkan oleh bank semakin meningkat, para pencuci uang pun menjadi semakin profesional dan canggih. Kami harus mengatasi tantangan ini melalui tiga lini pertahanan:

  • Mengenal Nasabah Kami (Knowing Our Customers) Kami menjaga pintu masuk ke sistem perbankan kami dengan memverifikasi identitas semua nasabah baru dan menjalankan pemeriksaan Uji Tuntas Nasabah (CDD) lebih lanjut dengan suatu pendekatan berbasis risiko. Prosedur baru, yang dibentuk tahun 2008 dengan dukungan konsultan eksternal, kini telah diimplementasikan di seluruh bisnis kami
  • Memantau Transaksi. Prosedur CDD kami memastikan bahwa kami mengetahui siapa nasabah kami, tetapi kami juga perlu menandai adanya kejadian yang mencurigakan di antara jutaan transaksi yang kami proses melalui bisnis kami setiap hari. Kami tidak dapat mengatasi tantangan ini tanpa dukungan sistem yang semakin canggih. Solusi pemantauan Norkom memberikan fleksibilitas yang kami butuhkan untuk tetap menjadi yang terdepan. Pada pertengahan 2010, sistem ini akan digunakan di 20 negara tempat kami beroperasi, mencakup lebih dari 85 persen basis nasabah kami. Kami memberi tahu pihak berwenang segera setelah transaksi yang mencurigakan diidentifikasi dengan menggunakan Laporan Aktivitas Mencurigakan atau (SAR/Suspicious Activity Reports). Tahun ini kami mendokumentasikan lebih dari 10.000 SAR secara global.
  • Melatih Staf kami. Meskipun sistem otomatis kami demikian canggih, pengetahuan dan kecermatan staf masih menjadi bagian penting dari pertahanan kami. Program kesadaran dan pelatihan kami menjamin bahwa para staf memenuhi tanggung jawab mereka.

Sepanjang tahun ini kami telah:

  • meluncurkan modul eLearning global dalam delapan bahasa utama untuk meningkatkan pemahaman staf lini depan. Lebih dari 42.000 staf operasional telah menuntaskan kursus tersebut di akhir tahun
  • meluncurkan pelatihan khusus untuk lebih dari 400 staf di tingkat wilayah (country) dengan tugas yang terkait dengan APU
  • menyusun, untuk diluncurkan di awal 2010, program pelatihan khusus untuk staf tertentu dalam bisnis Kas, Perdagangan dan UKM kami
APU

Studi Kasus: APU

Laporan Aktivitas Mencurigakan (Suspicious Activity Report/SAR) kami memberikan perbedaan nyata bagi upaya pemerintah dalam memerangi berbagai jenis penipuan yang berdampak terhadap masyarakat secara keseluruhan.

Selengkapnya

Bermitra dengan badan regulator

Studi Kasus: Bermitra dengan Badan Regulator

Pada pertengahan tahun, kami kembali diminta untuk bergabung dengan tim gugus tugas terkait dengan Anti Pencucian Uang (APU) yang dibentuk oleh badan regulator Korea, KoFIU.

Selengkapnya

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009