Langsung ke konten utama

Mengidentifikasi dugaan terorisme

Pemerintah memberikan sanksi untuk berbagai alasan - tetapi salah satu yang terpenting adalah mencegah pelaku tindak kejahatan, termasuk mereka yang diduga terlibat dalam aktivitas terorisme, untuk mengakses sistem keuangan internasional. Bank memainkan sebuah peran penting dalam upaya internasional untuk memerangi pembiayaan terorisme dan, melalui program perbaikan berkelanjutan kami dalam manajemen risiko sanksi, kami berkomitmen terhadap prakarsa ini.

Kami memiliki prosedur untuk mencegah agar kantor-kantor kami tidak bertransaksi dengan orang-orang yang ditengarai terlibat dalam terorisme atau tindak kejahatan lainnya yang terdaftar sebagai target sanksi. Prosedur ini didukung oleh sistem kami, yang membantu proses identifikasi rekening dan transaksi yang bisa jadi melibatkan pihak-pihak yang terkena sanksi. Tahun ini, kami berpartisipasi dalam tim Asosiasi Bankir di Inggris untuk menyusun panduan industri bagi pengawasan sanksi.

Skrining di lini depan

Skrining terhadap daftar nama merupakan sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari proses CDD kami. Kami memeriksa nama-nama sebelum rekening dibuka, dan kemudian secara berkala memeriksa ulang nama-nama tersebut selama rekening mereka aktif. Staf kami memiliki akses terhadap sebuah fasilitas skrining otomatis yang dapat digunakan untuk memeriksa nama secara online - sehingga memaksimalkan efektivitas pengawasan kami sekaligus meminimalkan penundaan waktu bagi klien yang resmi. Tahun ini kami menggunakan sebuah sistem yang telah disempurnakan untuk skrining ulang berkala terhadap nama-nama rekening, yang akan kami gunakan di seluruh kantor kami pada tahun 2010, untuk menggantikan sejumlah sistem lama yang kurang efisien.

Menyaring Transaksi

Sistem kami juga menyaring nama-nama yang terkait dengan transaksi. Setiap hari jutaan pesan pembayaran melewati sistem perbankan internasional. Merupakan hal yang vital bahwa kami meminimalkan risiko terlibatnya pelaku kejahatan atau teroris dalam setiap pembayaran yang kami proses. Kami memenuhi tantangan ini dengan senantiasa menyempurnakan dan meningkatkan kemampuan skrining kami. Kami memperluas cakupan proses skrining transaksi kami dalam tahun ini dan berencana untuk memperluas ke lebih banyak produk dan layanan di tahun 2010.

Ketika sistem kami mengidentifikasi sebuah rekening atau transaksi yang diduga melibatkan pihak yang namanya identik dengan nama yang tercantum pada daftar sanksi, pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan untuk menegaskan apakah pihak tersebut benar-benar merupakan target sanksi. Meskipun jarang terjadi, apabila suatu rekening atau transaksi melibatkan target sanksi sesungguhnya, maka tindakan yang tepat akan diambil. Ini termasuk penolakan atau pembekuan transaksi atau rekening dan melaporkannya kepada regulator terkait.

Melatih Staf kami

Karena sistem menghasilkan sejumlah besar potensi peringatan, maka penting bagi kami untuk melatih staf dalam membuat keputusan berwawasan yang menjamin efektivitas manajemen risiko tanpa memberikan dampak negatif terhadap tingkat layanan bagi nasabah yang sah. Kami mengadakan program pelatihan berkelanjutan bagi staf yang diharuskan untuk mengambil keputusan ini serta proses yang ditentukan dengan jelas bagi mereka guna mengeskalasi kasus-kasus yang lebih kompleks kepada mereka yang memiliki keahlian hukum khusus.

Tautan Berguna

HM Treasury, yang bertanggung jawab untuk sanksi di Inggris:
http://www.hm-treasury.gov.uk/fin_sanctions_index.htm

Laporan FSA di Inggris mengenai pendekatan perusahaan jasa keuangan terhadap sanksi finansial di Inggris. Laporan tersebut merupakan panduan yang bermanfaat seputar praktik terbaik:
www.fsa.gov.uk/pubs/other/Sanctions%20Final%20Report.pdf

Departemen Kantor Perbendaharaan Negara Amerika Serikat untuk Pengawasan Aset Luar Negeri, yang bertanggung jawab terhadap sanksi di AS:
http://www.treas.gov/offices/enforcement/ofac/

Situs web Komite Sanksi Dewan Keamanan PBB:
http://www.un.org/sc/committees/

Situs web sanksi Komisi Eropa:
http://ec.europa.eu/external_relations/cfsp/sanctions/index_en.htm

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009