Langsung ke konten utama

Penjualan Bertanggung Jawab

Mencegah kejahatan finansial

Menghadapi kondisi perekonomian di tahun 2009 yang menantang, integritas sistem perbankan menjadi semakin penting. Sudah menjadi kepentingan bank untuk mencegah penipuan dan menghindari agar tidak dimanfaatkan untuk aktivitas kejahatan.

Bank juga memiliki posisi yang unik untuk mendukung upaya pemerintah dan masyarakat setempat dalam mengatasi tindak kejahatan dan dampaknya yang merugikan terhadap perekonomian tempat mereka beroperasi. Korupsi membuat orang tidak dapat berbagi kesejahteraan dengan adil yang diperoleh dari bisnis. Lebih lanjut, perekonomian tidak dapat berkembang jika uang diperoleh secara ilegal, sebab berdampak terhadap pendapatan pajak dan kemampuan pemerintah untuk memperoleh valuta asing yang bernilai.

Risiko dan tantangan senantiasa berubah - pengawasan yang digunakan oleh bank harus bersifat dinamis dan responsif. Tingkat penipuan dapat dipengaruhi oleh kemerosotan ekonomi, para pencuci uang mengembangkan skema baru untuk menyamarkan hasil tindak kejahatan mereka dan daftar dugaan teroris yang diterbitkan pemerintah berubah secara rutin.

  • Dana Moneter Internasiona (IMF) telah memperkirakan bahwa pencucian uang setara dengan antara dua hingga lima persen produk domestik bruto global
  • "Stabilitas keuangan global tidak hanya mengandalkan tindakan bersama di tingkat internasional, tetapi juga sistem nasional yang efektif. Anti pencucian uang yang kuat dan memberantas pembiayaan rezim-rezim terorisme merupakan sebuah pilar penting bagi sistem peraturan dan pengawasan internasional dan menjadi bagian dari upaya terkini untuk memperkuat kerangka kerja finansial global." Murilo Portugal, Deputi Direktur Utama Dana Moneter Internasional
  • Di Inggris saja, kerugian akibat penipuan, mencakup segala sesuatu mulai dari penghindaran pajak hingga penggunaan kartu kredit palsu, yang diperkirakan mencapai $50 milyar setiap tahun (Sumber: Laporan Otoritas Penipuan Nasional Januari 2010).

Kebutuhan akan kemitraan yang efektif antara industri, badan penegak hukum dan pemerintah belum pernah seefektif ini - merupakan kemitraan yang menjadi komitmen kami di Standard Chartered.

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009