Langsung ke konten utama

Perspektif direktur di Wholesale Banking

Perspektif direktur di Wholesale Banking

Meskipun tantangannya selalu ada, sektor minyak dan gas memiliki kepentingan strategis bagi Standard Chartered dan pasar kami, sebagian besar merupakan produsen dan konsumen besar hidrokarbon. Pernyataan posisi minyak dan gas kami, memberikan panduan bagi relationship manager kami untuk menelaah pendekatan klien dan melakukan evaluasi yang wajar terhadap kemampuan mereka untuk memenuhi standar-standar terkait. Alat bantu ESRAT (environmental and social risk management tool) kami juga memainkan peran yang penting dalam mengevaluasi risiko terkait. Misalnya, ESRAT mewujudkan pernyataan posisi kami dalam bidang minyak dan gas dengan mengevaluasi risiko dan isu-isu seperti gas flaring atau dampaknya terhadap habitat alami yang penting serta lahan dan penduduk asli.

Russell Kalam, Director di Wholesale Banking, menjelaskan bagaimana koleganya memanfaatkan ESRAT dalam mengevaluasi klien dan transaksi.

"Bekerja sama dengan klien kami merupakan suatu komponen utama dalam mewujudkan evaluasi yang wajar seputar risiko-risiko lingkungan hidup dan sosial dengan bisnis atau transaksi khusus mereka. Riset di meja hanyalah langkah pertama dan kiranya penting bagi kita untuk bekerja sama dengan manajemen senior dan manajer operasional klien kami untuk mengetahui apa pendekatan mereka terhadap tata kelola lingkungan hidup dan sosial serta isu apa pun yang mungkin mereka alami, atau pernah dihadapi di masa lalu. Ada kalanya kami juga akan memutuskan untuk melakukan kunjungan ke lokasi.

Sebagai seorang Direktur, bidang spesialisasi saya bukanlah risiko lingkungan dan sosial. Akan tetapi, dengan menggunakan ESRAT dan bekerja sama dengan tim kesinambungan, kami dapat mewujudkan percakapan yang sederhana dan tepat sasaran dengan para klien guna mengevaluasi apakah suatu transaksi memenuhi standar-standar dalam pernyataan posisi. Di banyak situasi, kami juga memperoleh suatu pemahaman perihal standar-standar dan prinsip-prinsip apa yang dianut klien kami. Misalnya, beberapa diantara merekaberpartisipasi dalam Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) dan International Petroleum Industry Environmental Conservation Association (IPIECA); dua prakarsa yang mendorong klien untuk dapat mengelola risiko lingkungan dan sosial dengan lebih baik di sektor mereka, sekaligus memberikan taraf keamanan tambahan bagi kami.

Begitu suatu evaluasi dilakukan dan ESRAT diselesaikan, kami bekerja sama dengan tim kesinambungan kami yang mengawasi kepatuhan transaksi dengan kebijakan dan prosedur sosial dan lingkungan hidup kami. Bersama-sama, kami mengembangkan serangkaian persyaratan untuk menjamin kepatuhan jangka panjang terhadap pendekatan kami, dan juga memberikan panduan apakah transaksi tersebut harus dieskalasi ke Komite Tanggung Jawab dan Reputasi Wholesale Banking. Kami juga bekerja sama dengan departemen kredit untuk memenuhi segala bentuk persyaratan transaksi dan departemen hukum kami untuk melengkapi dokumentasi.

Melalui proses ini, kami mengadakan pembicaraan rutin dengan klien berkenaan dengan segala bentuk risiko lingkungan hidup dan sosial yang mungkin berhasil kami identifikasi dan potensi mitigasinya. Hingga saat ini, umpan balik mengenai pendekatan kami terbilang sangat positif. Bahkan para klien yang awalnya tidak mematuhi menjadi sangat tanggap dan membutuhkan saran dan dukungan kami untuk melakukan penyempurnaan dan merumuskan suatu rencana kerja yang berharga. Banyak klien kami yang mengakui bahwa suatu pendekatan yang kuat terhadap tata kelola sosial dan lingkungan hidup juga memberikan sebuah keunggulan kompetitif bagi mereka."

Alat bantu laporan

Laporan Tahunan dan Pembukuan 2009