Akses terhadap Jasa Keuangan

Di Standard Chartered, kita berkomitmen terhadap pengembangan pasar tempat kita beroperasi dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat tempat kita berada dan bekerja.

Dengan perkiraan lebih dari tiga miliar orang saat ini yang tidak mempunyai akses ke layanan perbankan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas ekonomi, kita bekerja untuk menyediakan akses keuangan yang akan membantu mengatasi hambatan pembangunan.

Salah satu cara yang kita lakukan untuk memberikan sumbangan dalam cakupan keuangan yang lebih besar adalah dengan menstimulasi pengembangan perekonomian akar rumput di pasar dalam lingkup geografis kita dengan mendorong pertumbuhan industri microfinance, yaitu dengan bekerja bersama lembaga microfinance (MFI) dan menyediakan bagi mereka dukungan dan bantuan teknis untuk membangun kapasitas dan menjadi bisnis komersial yang berkesinambungan secara keuangan.

Kita berada pada posisi yang kuat untuk memenuhi target Clinton Global Initiative 2006 kita dengan menyediakan $500 juta kredit kepada MFI dalam 5 tahun, dengan lebih dari setengah komitmen tersebut telah terpenuhi pada akhir 2008.

Melengkapi upaya ini, kita melanjutkan kepemimpinan dalam pertumbuhan industri keuangan Syariah di berbagai pasar kita. Produk dan layanan keuangan Syariah kita, baik perbankan consumer dan wholesale, mematuhi ketentuan Syariah. Pada tahun 2008, kita mendirikan anak perusahaan keuangan Syariah yang sepenuhnya kita miliki, di Malaysia.

Pada Desember 2008, saat peluncuran Clinton Global Initiative, Asia, Standard Chartered memberikan komitmen untuk mengadakan program pemberdayaan perempuan senilai $450,000 untuk meningkatkan pemahaman akan keuangan, perencanaan keuangan, investasi dan pengembangan kapasitas wanita pemiliki bisnis kecil. Kita menargetkan menjangkau 5.000 wanita di kawasan ini pada tahun 2011.

“ACCION International telah lama merasa bahwa dorongan terbaik dari bank-bank internasional untuk memperluas jangkauan lembaga microfinance adalah dengan memberikan keahlian mereka: keahlian pembiayaan dan perbankan investasi. Ini persis seperti strategi yang dipilih oleh Standard Chartered Bank. Kita juga angkat topi pada Standard Chartered atas peran pentingnya dalam mengembangkan kapasitas dalam industri melalui seminar dan pelatihan yang membawa para pemangku kepentingan kunci dalam microfinance, terutama investor dan penyedia microfinance, untuk saling belajar dan bersama-sama menciptakan strategi untuk tumbuh. Pada akhirnya, kaum miskin akan mendapatkan manfaat melalui peningkatan akses terhadap rangkaian layanan keuangan yang lebih luas.” Maria Otero,
Presiden dan CEO, ACCION International

Studi kasus

Berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi Millennium Development Goal

Tujuan Pembangunan Milenium (MDG) adalah delapan sasaran yang memayungi yang bertujuan menanggapi tantangan pembangunan internasional yang paling mendesak di dunia pada tahun 2015. Pada tahun 2008, Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown, mengundang para pemimpin dunia untuk menyatukan langkah pada MDG - Seruan pada Dunia Usaha untuk Bertindak. Tujuannya adalah untuk membuat perusahaan berkomitmen membantu percepatan kemajuan MDG dengan menyesuaikan bisnis inti mereka untuk membantu pencapaian tujuan.

Komitmen Standard Chartered, diumumkan oleh Chief Executive Peter Sands, akan menyediakan produk keuangan yang inovatif, pengembangan keterampilan, mentor bisnis dan riset untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mencapai keseluruhan potensi pertumbuhannya.

Sektor UKM adalah mesin pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia dan merupakan mayoritas bisnis. Akan tetapi, di banyak negara di dunia, UKM ini terlalu besar untuk dianggap sebagai perusahaan mikro atau untuk dukungan donor, dan terlalu kecil untuk menjadi target kebanyakan bank komersial. Hasilnya adalah mereka sangat kurang terlayani.

Kita percaya bahwa mendorong keberhasilan UKM akan menciptakan kesejahteraan, dengan mempekerjakan lebih banyak orang dan membayar lebih banyak pajak.

Ikhtisar

  • $385juta dalam bentuk kredit dan instrumen keuangan untuk LMF
  • 52 mitra finansial mikro di seluruh dunia
  • 5 pasar baru dengan mitra finansial mikro
The Banker Logo Awards

The Banker Commendations 2008 – Banking the Unbanked

The Banker Commendations 2008 – Best Corporate Finance

The Banker Commendations 2008 – Best Overall bank