Akses terhadap Jasa Keuangan

Bantuan teknis microfinance

Investasi yang signifikan untuk membangun kapasitas MFI yang sudah ada dan yang baru, diperlukan untuk memenuhi permintaan potensial terhadap layanan keuangan di sektor ini.

Tahun 2007, kita berkomitmen untuk mengembangkan strategi bantuan teknis formal untuk sektor microfinance. Setelah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan, kita memfinalisasi Strategi Bantuan Teknis pada tahun 2008. Strategi ini bertujuan menggunakan keahlian Bank dalam tata kelola, manajemen risiko dan operasi dan akan membantu kita untuk memperkenalkan praktik-praktik terbaik kepada mitra MFI kita.

Inisiatif bantuan teknis mencakup:

  • Landasan kepemimpinan yang penuh pertimbangan dan konferensi termasuk acara yang dipromosikan secara khusus
  • Pelatihan mitra MFI bertarget
  • Pelatihan di seluruh sektor dalam kemitraan dengan jaringan dan ahli microfinance.

Landasan kepemimpinan yang penuh pertimbangan

Manajemen senior Standard Chartered secara aktif memberikan kontribusi dalam seminar dan konferensi internasional dalam mempromosikan microfinance di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Kita mensponsori beberapa konferensi besar untuk klien dan regulator di 2008, untuk membantu menyalurkan investasi microfinance di Asia dan Afrika, termasuk:

  • Konferensi Asia Selatan - Financial Mikro: Mematahkan Pasar Modal (Microfinance: Cracking the Capital Markets), diadakan di Delhi, mendorong MFI untuk mengakses pasar modal internasional. Acara tersebut mempertemukan institusi keuangan, praktisi microfinance terkemuka, investor swasta dan organisasi pembangunan dan memamerkan transaksi inovatif dan cara-cara menarik yang bisa diikuti oleh investor.
  • Kongres Investasi Finansial Mikro Global, diadakan di New York, mengumpulkan para ahli dari MFI, lembaga pemeringkatan, lembaga bilateral dan multilateral, dana microfinance khusus, dan asosiasi industri untuk berbagi praktik-praktik terbaik dan masa depan investasi microfinance.
  • Tantangan sektor microfinance Nepal merupakan fokus pertemuan profesional microfinance senior yang bertemu untuk mengkaji pengalaman, berbagi pelajaran dan meneliti cara untuk mengatasi tantangan saat ini dan masa depan seperti manajemen risiko di KTT Finansial Mikro di Nepal.

Pelatihan dan pengembangan kapasitas

Tata Kelola

Manajemen kualitas dan tata kelola adalah risiko terbesar yang dihadapi oleh industri microfinance, menurut laporan The Consultative Group to Assist the Poor. Tahun 2008, untuk berbagi praktik terbaik dan mengembangkan pembelajaran sebelumnya dalam area kritis manajemen risiko, tata kelola dan transparansi, Standard Chartered menjadi penyelenggara konferensi untuk pemimpin industri di Zambia dan berhasil mentransfer program mengenai tata kelola untuk MFI India yang dikembangkan tahun 2007, kepada para peserta.

Manajemen risiko

Tahun 2008, kita mempublikasikan Managing Environmental and Social Risks in Microfinance [Link], makalah riset yang menyarankan mitra MFI untuk memasukkan pertimbangan dampak sosial, lingkungan atau etika dalam keputusan pemberian pinjaman mereka. Standar dan prinsip ini sekarang merupakan bagian dari perjanjian pinjaman yang ditandatangani MFI dan Standard Chartered.

Di India, kita mensponsori program pelatihan mengenai pinjaman perorangan untuk MFI. Pelatihan itu membantu MFI untuk mengembangkan penilaian untuk pinjaman jenis baru berdasarkan arus kas klien - meningkatkan manajemen risiko yang terkait.

Kesiapan investasi

MFI membutuhkan akses yang memadai terhadap keuangan dan investasi untuk tetap berkesinambungan. Di India dan Nigeria, untuk mendukung MFI menjadi "siap berinvestasi" - elemen kritis jika mereka harus menarik modal komersial - kita bermitra dengan ACCION International, suatu jaringan microfinance, untuk memberikan lokakarya untuk mengajarkan MFI mengenai hal-hal yang akan dipertimbangkan investor dengan tanggung jawab komersial dan sosial pada saat berinvestasi di sektor microfinance.

Inovasi

Di Standard Chartered, kita membantu mengembangkan MFI baru, selain mendukung MFI yang sudah ada. Tahun 2008, Standard Chartered di India merupakan sponsor penghargaan utama untuk SRIJAN, kompetisi rencana bisnis microfinance yang bertujuan mendorong inisiatif untuk memulai dalam microfinance.

Pengembangan kapasitas internal

Pengembangan kapasitas internal penting untuk mendorong pertumbuhan di sektor ini. Tahun 2008, manajer hubungan Standard Chartered dari delapan negara di Afrika berkumpul di Nairobi untuk pelatihan pendalaman mengenai sektor microfinance di benua tersebut. Pelatihan berfokus pada pengembangan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang tren dalam pertumbuhan sektor, uji tuntas dan opsi pembiayaan MFI.

Ikhtisar

  • $385juta dalam bentuk kredit dan instrumen keuangan untuk LMF
  • 52 mitra finansial mikro di seluruh dunia
  • 5 pasar baru dengan mitra finansial mikro