Akses terhadap Jasa Keuangan

Microfinance

Lembaga Microfinance (MFI) hadir dalam berbagai bentuk badan hukum dan mengikuti berbagai model bisnis yang telah berubah menjadi perantara canggih penyedia layanan keuangan - kredit, tabungan, asuransi dan pengiriman uang - untuk mereka yang kurang beruntung dan tidak bisa mengakses bank.

Di Standard Chartered, kita mendukung rentang MFI yang memungkinkan kita menyediakan akses terhadap pembiayaan untuk mereka yang tidak dilayani atau terlayani oleh sektor keuangan umum.

Kita menyediakan akses ke produk keuangan dan perbankan, juga bantuan teknis, ke MFI di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Kita menggunakan jaringan global organisasi pembangunan kita, klien, investor yang bertanggung secara sosial dan ahli sektoral untuk meningkatkan aliran dana ke sektor microfinance - khususnya di Asia dan Afrika.

Pada Clinton Global Initiative tahun 2006 kita memberikan komitmen yang ambisius untuk bisnis microfinance kita.

Komitmen Clinton Global Initiative
“Komitmen kita adalah membentuk Fasilitas Microfinance senilai $500 juta [dalam waktu lima tahun]. Standard Chartered akan menyediakan organisasi pembangunan dan pengelola investasi dengan $500 juta instrumen kredit dan keuangan serta bantuan teknis untuk membiayai Lembaga Microfinance (MFI) di Afrika dan Asia. Diperkirakan fasilitas ini akan memberi manfaat bagi 4 juta orang yang saat ini tidak dapat berpartisipasi dalam sektor keuangan." Standard Chartered Bank
Standard Chartered Bank 21 September 2006 saat Clinton Global Initiative, New York
Atas

Pencapaian Kita di Tahun 2008

  • Menyediakan $385 juta kredit dan instrumen keuangan kepada 52 mitra MFI di 15 negara, yang berdampak pada kehidupan sekitar 2,5 juta orang.
  • Mengembangkan hubungan dengan MFI di pasar baru seperti Yordania, Nigeria, Sierra Leone, Gambia dan China. Kita juga memperluas dukungan terhadap organisasi pembangunan dan investor microfinance di Filipina, Indonesia dan Sri Lanka.
  • Mendukung mitra MFI baru di pasar yang sudah ada, terutama India, Bangladesh dan Tanzania.
  • Memperdalam hubungan dengan klien yang sudah ada dengan memenuhi kebutuhan mereka akan solusi transaksi perbankan, kredit dan manajemen risiko yang lebih canggih.
  • Menyediakan dukungan untuk klien inti di Asia dan Afrika untuk mengakses pasar modal setempat. Kita memulai sekuritisasi aset dan penerbitan obligasi dengan mata uang lokal dan akan menyelesaikannya pada tahun 2009.
  • Mendistribusikan $125 juta dari portofolio microfinance kita kepada investor melalui Microfinance Institutional Loans for Asia and Africa (MILAA). Transaksi ini menghasilkan produk baru yang memberi investor akses ke microfinance di Asia dan Afrika dan akan memungkinkan Standard Chartered untuk memperluas pinjamannya kepada sektor microfinance.
Atas

Pembiayaan mikro dapat memberikan suatu perbedaan nyata

Finansial mikro dapat membuat perbedaan nyata

Clara Ibezim dilahirkan dalam keadaan miskin. Ayahnya meninggal muda dan ibunya cacat. Kurangnya pendidikan yang baik dan tanpa keluarga atau saudara yang dapat menyokong hidupnya, Clara menikah di usia 16 tahun.

Clara dan keluarganya bertahan hidup dengan pendapatan suaminya yang jauh dari cukup. Pada saat Nigeria mengalami resesi ekonomi di akhir 1980, gajinya tidak cukup untuk membiayai pengeluaran keluarga. "Kami tak bisa lagi memberi mereka makan dengan baik dan anak-anak saya tidak mendapatkan perawatan dan perhatian yang semestinya”, katanya. "Mereka bahkan dikeluarkan dari sekolah karena terlambat membayar uang sekolah".

Hidup Clara berubah tahun 2004, saat ia berkenalan dengan pegawai kredit dari MFI berbasis Nigeria dan mitra Standard Chartered, Lift Above Poverty Organisation (LAPO). Dengan pinjaman sebesar N10.000 ($85) dari LAPO, Clara mengubah bisnis dan hidupnya.

Pinjaman pertama Clara memungkinkannya mempunyai sedikit persediaan untuk bisnisnya. Cicilannya yang selalu tepat waktu membuatnya mendapat pinjaman berikutnya. Pelatihan manajemen bisnis awal dari LAPO telah mengajarkannya cara menggunakan pinjaman untuk keperluan bisnis, bukan kebutuhan pribadi, dan untuk menginvestasikan kembali keuntungan ke dalam bisnisnya. Ia sekarang menerima pinjaman kedelapan senilai N80.000 ($678). Secara total, Clara telah menerima N360.000 ($3.051) dari LAPO untuk mengembangkan bisnisnya.

“Sangat membesarkan hati untuk melihat bahwa bisnis kecil yang saya mulai dengan modal N10.000 ($85) telah tumbuh menjadi perusahaan bermodalkan N300.000 ($2.542) dalam waktu singkat”, katanya. “LAPO telah memberi saya dukungan dan harapan baru untuk masa depan".

Atas

Memperluas kemitraan pembiayaan mikro ke Timur Tengah

Memperluas kemitraan pembiayaan mikro ke Timur Tengah

Pada akhir 2008, kita meluncurkan perjanjian pertama kita untuk mendanai proyek microfinance di Timur Tengah. Standard Chartered pertama-tama akan menyediakan fasilitas pinjaman sebesar JOD1,5 juta ($2 juta) kepada Tamweelcom, MFI Yordania, untuk mendukung wirausaha mikro dan bisnis kecil di seluruh kerajaan tersebut.

Yordania memiliki potensi yang sangat besar dalam industri microfinance. Strategi Nasional Microfinance pemerintah berkeinginan mengintegrasikan sektor ini dengan industri layanan keuangan utama.

Atas

Ikhtisar

  • $385juta dalam bentuk kredit dan instrumen keuangan untuk LMF
  • 52 mitra finansial mikro di seluruh dunia
  • 5 pasar baru dengan mitra finansial mikro