Melindungi lingkungan

Latar belakang

Tantangan lingkungan hidup semakin hari semakin mendesak dengan semakin jelasnya ancaman perubahan iklim dan kebutuhan penduduk dunia semakin menekan kemampuan Bumi dalam menyediakan air, udara bersih dan berbagai sumber daya penting lainnya.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah memperingatkan bahwa bila dunia ingin menghindari perubahan iklim yang berbahaya, maka emisi gas rumah kaca yang mengakibatkannya harus diturunkan secara drastis - dan penurunan tersebut harus dimulai secepatnya. Tetapi Badan Energi Internasional (International Energy Agency) memprediksi adanya peningkatan kebutuhan energi sebesar 50 persen pada tahun 20502. Diproyeksikan bahwa bahan bakar fosil menjadi penyedia bagi mayoritas energi ini, sehingga meningkatkan emisi karbon dioksida sebesar 50 persen.

Tren yang bertentangan tersebut tengah ditangani oleh pemerintahan di seluruh dunia. Tapi mereka juga menantang berbagai perusahaan seperti Standard Chartered untuk menekan penggunaan sumber daya dan menyediakan produk serta layanan yang dapat mendorong pergeseran menuju dunia yang rendah karbon dan rendah pemakaian sumber daya. (Lihat Pembiayaan Berkesinambungan untuk produk dan layanan).

Sebagai sebuah bank, operasi kita berdampak kecil terhadap lingkungan dibandingkan banyak perusahaan lainnya, tapi kita dapat menciptakan suatu perbedaan dengan meningkatkan tiga bidang utama:

  • Konsumsi energi di gedung-gedung kita
  • Emisi akibat perjalanan udara
  • Pemakaian kertas, yang tidak hanya mengurangi jumlah hutan tetapi produksinya juga memerlukan energi serta air

Kesempatan terbesar kita untuk membantu menekan kerusakan lingkungan adalah melalui operasi kita sendiri. Keterlibatan kita yang luas baik di dalam maupun di luar lingkungan Bank menciptakan perubahan dengan mempengaruhi perilaku karyawan, nasabah dan lain-lain.

2
Prediksi Energi Dunia 2008: Badan Energi Internasional (International Energy Agency)

Ikhtisar

  • 47,000 orang tercakup dalam sistem manajemen lingkungan kami
  • 14% penurunan emisi CO2 per karyawan
  • $1juta didonasikan melalui Race for a Living Planet