Melindungi lingkungan

Keterlibatan karyawan

Pada tahun 2008, lebih dari seperempat karyawan kita berkomitmen untuk melindungi lingkungan melalui kampanye ‘Race for a Living Planet’, dan semakin banyak karyawan yang telah mengambil tindakan mulai dari jaringan kerja sosial di tingkat Grup hingga kampanye lokal. Keterlibatan karyawan yang antusias adalah hal penting dalam meraih target kita. Kita memerlukan komitmen mereka dan menyambut baik fakta bahwa orang semakin berharap agar perusahaan mereka mengedepankan standar lingkungan yang tinggi. Kita mendorong karyawan untuk bertindak di tempat kerja, di rumah dan dalam masyarakat mereka.

Informasi dan komunikasi

Berkomunikasi dengan staf perihal lingkungan mencakup pelatihan khusus mengenai berbagai prakarsa baru seperti Pernyataan Sikap dalam permasalahan dan sektor-sektor yang peka (lihat Pembiayaan Berkesinambungan). Kita juga menggunakan beragam perangkat yang interaktif dan menyenangkan untuk melibatkan dan memotivasi para staf.

Program intranet GEMS Office kita menunjukkan manfaat dari berinvestasi pada infrastruktur yang ramah lingkungan dan orang dapat bermain Eco-Driving untuk mempelajari betapa mengemudi secara stabil dan aman dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Situs jaringan kita menyediakan ‘kalkulator karbon’ yang sifatnya unik dan mencakup 70 negara. Orang menggunakannya untuk menghitung jejak karbon pribadi mereka serta membantu mereka memahami cara menekan kontribusi mereka terhadap perubahan iklim sekaligus mendorong mereka untuk mengubah perilaku mereka.

Pada tahun 2008, kita memanfaatkan fenomena jaringan kerja sosial global, dengan meluncurkan suatu forum berbasis internet bernama Greenstorming. Dengan menggunakan situs pertemanan yang populer dan interaktif seperti Facebook dan MySpace, karyawan bisa belajar tentang dan berdebat mengenai masalah lingkungan dan tindakan. Staf bisa membaca dan menyumbang artikel, menciptakan kelompok kerja dalam masalah spesifik, serta membaca akun tindakan praktik terbaik dari seluruh bagian Bank.

Greenstorming telah berhasil mengumpulkan 17.000 pengguna tetap. India, Singapura, Malaysia, China dan Pakistan memiliki basis pengguna terbesar.

Aktivitas negara

Komite Lingkungan Negara kita mendorong tindakan dalam pasar mereka, dengan fokus terhadap masalah-masalah yang paling menonjol di negara mereka.

Di Kenya, kita bekerja dengan Dinas Margasatwa Kenya dan Dinas Kehutanan Kenya dalam suatu kampanye untuk menyelamatkan Hutan Mau, blok hutan kanopi tertutup terbesar yang masih tersisa di Afrika Timur. Kombinasi proyek konservasi dan prakarsa internal ini telah meraih penurunan 20 persen dalam pemakaian kertas serta penurunan 10 persen dalam emisi CO2 dari pemakaian energi per karyawan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2008 memberikan suatu fokus bagi tindakan yang melibatkan karyawan, keluarga mereka dan organisasi kemasyarakatan. Misalnya:

  • Di Malaysia, kita meluncurkan situs jaringan 'Trash and Treasure' untuk memberikan suatu alternatif mudah bagi orang dalam membuang benda-benda yang tidak lagi mereka inginkan. Para staf mengiklankan benda-benda yang dapat diperoleh rekannya secara cuma-cuma. Para karyawan juga berpartisipasi dalam kompetisi pidato bertema lingkungan hidup
  • Di Singapura, lebih dari 80 persen staf berpartisipasi dalam ‘hari tanpa mobil’ yang mendorong mereka yang biasa mengemudi sendiri atau naik taksi ke kantor untuk memanfaatkan jasa transportasi alternatif
  • Di Taiwan, sebagai bagian dari prakarsa Earth Hour, seluruh lampu di 86 kantor cabang Bank dan sepuluh gedung harus dimatikan selama satu jam, menghemat energi serta menarik perhatian orang pada pemborosan energi. Kegiatan ini juga melibatkan 14 universitas dan dipublikasikan secara luas
  • Di Uganda, kita bekerja dengan pakar pembiayaan mikro dan aktivis perubahan iklim Paul Rippey (rekan dari Al Gore) perihal suatu presentasi bagi Anggota Parlemen dan para pejabat Uganda mengenai pemanasan global, khususnya yang terjadi di Afrika Timur dan Uganda

Komite Lingkungan Hidup India

Merayakan Hari Lingkungan Sedunia

Tindakan lingkungan di India berkisar mulai dari aktivitas berprofil tinggi pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia hingga partisipasi dalam rapat ‘Break the Climate Deadlock’ yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Neeraj Swaroop, CEO India, berbicara pada saat peluncuran laporan India Carbon Disclosure Project pada bulan Desember 2008, yang menguraikan bagaimana lembaga keuangan dapat membantu mendukung pergeseran menuju suatu perekonomian rendah karbon.

Karyawan dari kantor dan cabang di penjuru negara tersebut terlibat dalam kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini meliputi hari ‘jalan kaki ke kantor’, karyawan menjadi sukarelawan bagi kebersihan pantai, hari ‘tanpa sampah’, kampanye ‘mematikan lampu’ dan kampanye ‘tinggalkan mobil di rumah’ serta suatu kompetisi menggambar bertema lingkungan hidup bagi putra-putri para karyawan. Taraf komitmen kita terhadap lingkungan hidup diakui oleh Dr R K Pachauri, ketua Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Komite Lingkungan Hidup India dipimpin oleh Hemant Mishr, kepala penjualan, Asia Tenggara, Pasar Finansial, dan didukung oleh anggota staf pada seluruh fungsi bisnis. Komite tersebut mengikuti suatu rencana komprehensif untuk mengatasi dampak operasi kita, keterlibatan dan peluang pembiayaan lingkungan yang inovatif. Misalnya, pembayaran gaji telah dialihkan ke suatu sistem online yang menyeluruh, sehingga menghemat lebih dari 330.000 lembar kertas per tahun. Demikian pula halnya dengan tunjangan pensiun yang telah dialihkan pada sistem email yang aman.

Tim TI di India telah berhasil menekan penggunaan energi secara signifikan melalui optimalisasi pusat dan serta penggunaan perangkat yang lebih efisien. Virtualisasi server diharapkan dapat menurunkan kebutuhan energi hingga 80 persen serta menghindari kebutuhan 77 server tambahan.

Atas

Ikhtisar

  • 25% dari jumlah karyawan membuat janji pada Race for a Living Planet
  • 17,000 pengguna Greenstorming
  • 330,000sheets of paper saved through online payslips