Melindungi lingkungan

Bencana alam pada tahun 2008 seperti angin ribut yang meluluhlantakkan Karibia, badai di China dan Siklon Nargis di Myanmar yang memakan lebih dari 220.000 jiwa, dengan jelas menunjukkan kerugian manusia dan finansial akibat perubahan iklim.

Begitu banyak pasar kita yang sudah menderita akibat kondisi cuaca yang ekstrem seperti banjir merusak, kemarau berat, badai salju dan gelombang panas. Biaya yang ditimbulkan oleh kerusakan yang bersifat malapetaka tersebut lebih dari dua kali $200 juta pada tahun 20081. Perubahan iklim membuat bencana alam menjadi semakin kerap sekaligus berbahaya.

Kita menyadari tanggung jawab kita dalam mengurangi emisi karbon dioksida yang ditimbulkan oleh operasi kita dan telah melampaui target kita untuk tahun 2008. Tapi lebih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menangani bisnis dan risiko lain yang kita semua hadapi. Kita bekerja sama dengan karyawan, nasabah dan para pemangku kepentingan lainnya demi meningkatkan kesadaran, mendorong tindakan dan menurunkan dampaknya terhadap lingkungan. Kita menetapkan target yang berambisi demi menekan jejak karbon serta limbah kertas kita. Kita juga membiayai bisnis dan proyek yang dapat menekan emisi dan membantu orang untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Bagian ini melaporkan tindakan kita pada tahun 2008 dalam rangka menekan energi dan mengurangi berbagai sumber daya lain yang digunakan dalam operasi kita serta untuk melibatkan para pemangku kepentingan dalam permasalahan lingkungan. Bagian Pembiayaan Berkesinambungan melaporkan aktivitas pinjaman dan aktivitas komersial lainnya yang berkenaan dengan lingkungan.

Pada tahun 2008, kita mulai menerapkan strategi lingkungan kita yang telah direvisi dengan target berambisi untuk tahun 2011. Kita meluncurkan rencana kerja bagi bidang-bidang utama seperti pemakaian energi di gedung-gedung kita dan Komite Lingkungan Negara (Country Environment Committees) untuk mencakup sebagian besar pasar kita demi mendorong tindakan dan keterlibatan yang terkait dengan lingkungan.

Kita juga meluncurkan sejumlah alat bantu interaktif yang menyenangkan demi melibatkan dan memacu para staf, yang keterlibatannya sangat diperlukan dalam meraih ambisi lingkungan hidup kita. Situs jaringan kerja sosial kita, Greenstorming, berhasil menarik 17.000 staf.

Dengan bekerja sama di luar lingkungan Bank, termasuk keanggotaan dalam organisasi seperti The Climate Group dan Corporate Leader’s Group on Climate Change, kita terus menekankan pentingnya tindakan segera oleh pemerintah, perusahaan dan perorangan. The Greatest Race on Earth melibatkan lebih dari setengah juta orang yang berikrar untuk menciptakan perubahan dalam hidup mereka yang bertujuan membantu melindungi lingkungan hidup.

"Menciptakan suatu Iklim untuk Perubahan"

Inilah film kami tentang perubahan iklim - cermati tiga klip di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang pendekatan kami.





1
Source: Munich Re Insurance Group

Ikhtisar

  • 47,000 orang tercakup dalam sistem manajemen lingkungan kami
  • 14% penurunan emisi CO2 per karyawan
  • $1juta didonasikan melalui Race for a Living Planet
Logo FTSE

Standard Chartered terdaftar di FTSE4Good Index dan FTSE4Good Environment Index

 
Karbon

Standard Chartered adalah yang Terbaik di Kelasnya untuk tahun 2008 selama dua tahun berturut-turut