Melindungi lingkungan

Dampak operasional

Kita semakin meningkatkan kinerja lingkungan dari operasi kita, khususnya dalam tiga bidang utama: konsumsi energi pada gedung-gedung kita, perjalanan udara dan pemakaian kertas. Untuk mencapai target berambisi kita diperlukan ide-ide baru serta sistem yang kuat dan pada tahun 2008 kita menerapkan berbagai program yang berkisar mulai dari pengelolaan energi hingga aliran informasi elektronik.

Penggunaan energi di gedung-gedung kita

Sistem informasi dan manajemen

Kita memantau konsumsi energi di gedung-gedung kita dengan menggunakan Global Environmental Management System (GEMS), yang dirancang sesuai ISO 14001, standar manajemen lingkungan internasional. Pada tahun 2008, kita meningkatkan jumlah gedung yang tercakup dalam GEMS dari 52 menjadi 88, atau 47.000 karyawan.

Pada tahun 2008, kita menerapkan Sistem Manajemen Informasi Lingkungan, suatu perangkat online yang dipergunakan untuk menyempurnakan pengumpulan data dan ukuran. Kita juga telah memulai pelaporan triwulan mengenai data konsumsi energi, yang perhatiannya dipusatkan pada energi dengan menyoroti segala bentuk kelebihan pemakaian lebih dini. Kita memanfaatkan perangkat estimasi jejak untuk mencakup keseluruhan portofolio kita.

Sertifikasi dan verifikasi

Saat ini kita menggunakan sertifikasi lingkungan bagi seluruh gedung baru oleh pihak ketiga yang diakui, seperti Greenmark di Singapura dan Leadership in Environment and Energy Design (LEED) di AS. Kita mensyaratkan kinerja yang tinggi dan tidak akan menerima kurang dari yang setara dengan peringkat ‘Emas’ LEED AS (lihat studi kasus Kawasan Bisnis Changi).

Mulai tahun 2009, gedung-gedung yang sudah ada, yang belum memperoleh sertifikasi eksternal, akan dinilai efisiensi energinya terhadap Standar Penilaian Lingkungan Gedung yang baru kita kembangkan. Standar ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan gedung dalam portofolio kita, menetapkan target, terus-menerus menyempurnakan kinerja lingkungan kita dan mengalokasikan investasi terfokus lingkungan bagi masa depan dengan tepat.

Secara internal kita memverifikasi data GEMS dalam tujuh pasar terbesar kita, termasuk Korea Selatan dan India.

Tindakan

Kita menerapkan rencana kerja negara untuk menentukan rekomendasi dan pedoman yang jelas dalam mengurangi pemakaian energi kita.

Di samping itu, GEMS mensyaratkan rencana spesifik bagi gedung-gedung yang tercakup di dalamnya, yang menguraikan bagaimana pemakaian sumber daya dapat ditekan. Proses verifikasi data juga menyoroti sejumlah perbaikan yang telah diterapkan di seluruh bagian Bank.

Pada akhirnya, serangkaian komunikasi, prakarsa dan aktivitas (banyak yang difokuskan seputar Hari Lingkungan Hidup Sedunia) mendorong para staf untuk memastikan agar penggunaan energi selalu dapat ditekan (lihat bagian keterlibatan karyawan).

Kinerja

Pada tahun 2008, sebanyak 29 gedung tambahan disertakan dalam pengukuran GEMS. Banyak dari gedung-gedung ini yang kurang efisien dalam penggunaan energi dibandingkan gedung-gedung yang telah disertakan sebelumnya; banyak pula gedung-gedung yang terdapat di negara dengan emisi yang tinggi per satuan energi. Hal ini telah meningkatkan rata-rata penggunaan energi kita antara tahun 2007 dan 2008, khususnya rata-rata emisi kita. Gedung-gedung tersebut saat ini tercakup dalam rencana kerja dan kita berharap untuk melihat kemajuan yang substansial.

Meskipun tantangannya semakin bertambah, antara tahun 2006 dan 2008 kita berhasil menekan emisi CO2 per karyawan penuh waktu (FTE) sebesar 14 persen, melampaui target kita yakni 10 persen 1. Hal ini menyebabkan penurunan konsumsi energi sebesar 10 persen per meter persegi dan 14 persen per karyawan penuh waktu. Lihat Data dan Komitmen untuk keterangan lebih terperinci.

Atas

Kertas

Terdapat potensi yang besar untuk menurunkan pemakaian kertas, khususnya di pusat operasi kita seperti di Kuala Lumpur, Malaysia dan Chennai, India.

Antara tahun 2006 dan 2008 kita menurunkan konsumsi kertas sebesar 20 persen per karyawan penuh waktu melalui langkah-langkah seperti merasionalkan mesin pencetak (printer), mendorong pencetakan dua sisi dan mengeluarkan panduan bagi rapat nirkertas.

Pada tahun 2008 kita menerapkan program Information Retention Management (IRM) dengan suatu kebijakan pengarsipan standar secara global. Ini mencakup suatu pendekatan aliran kerja elektronik global bagi seluruh informasi berkas karyawan. Sistem tersebut beroperasi di 13 negara, sementara di negara-negara lain sistem harus diterapkan paling lambat tahun 2009.

Saat ini kita telah berinvestasi pada teknologi yang akan mengurangi kertas dari sebagian proses kita selama tiga tahun mendatang, di mana kita menargetkan penurunan setengah jumlah pemakaian kertas per karyawan.

Perjalanan Udara

Bertemu klien secara langsung adalah hal yang penting, tapi analisis kita pada tahun 2008 membuktikan bahwa 80 persen perjalanan udara antara lima lokasi utama kita ditujukan untuk penyelenggaraan rapat internal.

Pada tahun 2008, kita memperbarui sistem video kita agar menjadikan konferensi jarak jauh semakin efektif dan dipergunakan secara luas. Kita juga memanfaatkan suatu jaringan online serta fasilitas konferensi audio yang baru untuk menyediakan pilihan yang lebih fleksibel bagi rapat jarak jauh, sekaligus suatu kebijakan perjalanan dinas yang lebih ketat.

Hasilnya, perjalanan udara menurun sebesar 22 persen per karyawan penuh waktu (FTE) antara tahun 2006 dan 2008, melampaui target kita yang hanya 10 persen.

Kita akan terus berinvestasi pada teknologi video, sebab cara ini jauh lebih canggih dan hemat biaya, demi mencapai target kita untuk mengurangi perjalanan udara sebesar 35 persen per karyawan penuh waktu pada tahun 2011.

1
Untuk memudahkan pembandingan kita telah memanfaatkan faktor konversi terbaru yang ada selama periode pelaporan kita - dalam hal ini faktor konversi edisi 2008 dari Badan Energi Internasional. Untuk mempertahankan konsistensi, seluruh angka dari 2006 hingga 2008 telah diperhitungkan ulang.

Studi kasus: Kawasan Bisnis Changi Singapura

Dibangun dengan standar ramah lingkungan yang tinggi

Kantor pusat baru kita yang tengah dibangun di Kawasan Bisnis Changi, Singapura, telah direkomendasikan untuk meraih penghargaan ‘Greenmark Platinum’ oleh Otoritas Konstruksi Bangunan Singapura - penghargaan lingkungan tertinggi yang diberikan di negara tersebut.

Kita telah menetapkan bahwa bangunan ini harus fokus pada konservasi energi dan diharapkan penggunaan energi menurun sebesar 35 persen dibandingkan kantor-kantor standar yang ada di Singapura. Panel surya akan memenuhi kebutuhan listrik saat gedung berada dalam kondisi ‘dorman’. Panel surya tersebut juga akan menggerakkan suatu sistem irigasi tetes otomatis yang ultraefisien. Serangkaian prakarsa penghematan air, termasuk daur ulang air limbah dan penampungan air hujan, akan menghasilkan penghematan air yang signifikan. Suatu parasut limbah yang terpasang pada gedung akan mendorong pendaurulangan beragam jenis sampah, sementara lahan hijau dan taman yang luas akan dihuni oleh sejumlah spesies asli yang terancam punah melalui kemitraan dengan Botanic Gardens Conservation International (BGCI).

 

Atas

Ikhtisar

  • 47,000 orang tercakup dalam sistem manajemen lingkungan kami
  • 14% penurunan emisi CO2 per karyawan
  • $1juta didonasikan melalui Race for a Living Planet

Lingkungan Hidup Saya
Pelajari tentang dampak lingkungan hidup yang kita timbulkan dari tindakan kita sehari-hari

Temukan lebih banyak lagi