Pembiayaan berkesinambungan

Latar belakang

Komitmen kita terhadap pembangunan berkelanjutan mewakili keyakinan kita bahwa aktivitas ekonomi tidak perlu dipandang sebagai keharusan untuk memilih antara melindungi lingkungan hidup dan mendukung pembangunan oleh manusia.

Apa yang diperlukan adalah inovasi ekonomi, transformasi kebijakan dan sosial serta pola pikir yang tepat. Membiayai aktivitas yang dapat mengekang perubahan iklim serta menyesuaikan diri dengan dampaknya merupakan suatu kesempatan yang luar biasa, baik dipandang dari sisi ekonomi maupun lingkungan hidup. Tinjauan Stern terhadap perubahan iklim yang diselenggarakan oleh pemerintahan Inggris berhasil memperkirakan bahwa pada tahun 2050, pasar yang terkait dengan pengembangan teknologi rendah karbon dapat mencapai nilai setidaknya $500 miliar. Seperti halnya risiko terhadap masyarakat dan habitat, perubahan iklim juga membawa risiko finansial yang besar - Stern menempatkan biaya akibat peristiwa cuaca yang ekstrim sebesar 20 persen dari output global.

Lembaga keuangan yang sukses memahami risiko dan peluang dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. Kita memadukan kesinambungan dalam manajemen risiko dan memberikan pembiayaan untuk melakukan investasi vital. Hal ini menuntut suatu pemahaman mengenai keterkaitan antara makanan, energi, air dan iklim serta masalah yang dihadapi oleh setiap bidang-bidang penting.

Kelangkaan sumber daya penting, seperti air dan pangan, telah menciptakan peluang ekonomi di seluruh penjuru dunia. Sebagai contoh, China semakin terlibat di Afrika dan Brasil dalam arus perdagangan dan investasi langsung, dengan mengakses bahan baku dan produksi pertanian. Aktivitas bisnis seperti layanan pengelolaan air, limbah dan energi terperbarui semakin tumbuh pesat dan memungkinkan penyesuaian diri terhadap perekonomian dengan sumber daya terbatas.

Secara nyata dunia memerlukan lebih banyak energi untuk mendukung pembangunan tapi secara simultan harus dapat menekan gas rumah kaca demi mencegah kerusakan lingkungan yang tidak dapat dipulihkan. Tekanan tersebut mendorong pertumbuhan yang signifikan dalam sektor energi terperbarui di pasaran, dua di antaranya adalah China dan India yang telah menjadi pemain yang substansial.

Kita menghadapi tiga tantangan utama:

  • Mengelola perkembangan sosial dan ekonomi yang berwawasan lingkungan. Misalnya, meningkatnya bahan bakar nabati menunjukkan adanya kebutuhan untuk meraih keseimbangan yang tepat bagi ketahanan pangan dan produksi energi yang lebih bersih (lihat Manajemen Risiko Kesinambungan )
  • Membiayai proyek energi terperbarui dan teknologi bersih di pasaran yang kekurangan insentif finansial dan kebijakan seperti yang diberikan di Eropa dan wilayah lainnya
  • Menanamkan kriteria kesinambungan pada keputusan pembiayaan kita dalam Perbankan Konsumer. Hal ini mencakup nasabah ritel kita serta usaha kecil dan menengah (UKM)

Ikhtisar

  • Pembiayaan $117juta dijanjikan untuk sistem hemat energi
  • $3.2juta untuk pembiayaan proyek energi yang dapat diperbarui dan teknologi bersih sejak tahun 2007
  • Mengembangkan13 Sektor dan Menerbitkan Pernyataan Sikap
The Banker Logo Awards

The Banker Commendations 2008 – Banking the Unbanked

The Banker Commendations 2008 – Best Corporate Finance

The Banker Commendations 2008 – Best Overall bank