Pembiayaan berkesinambungan

Pembiayaan lingkungan

Standard Chartered membantu membiayai peralihan menuju perekonomian rendah karbon - kita telah berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam pembiayaan proyek-proyek baru dan perusahaan yang terkait dengan Energi Terperbarui dan Teknologi Bersih secara global, yang difokuskan di Asia, Afrika dan Timur Tengah dengan total nilai proyek mencapai $8 - $10 miliar selama periode lima tahun mulai dari 2007 sampai 2012. Bisnis pembiayaan lingkungan dalam Wholesale Banking kita difokuskan secara khusus pada energi bersih dan terperbarui, efisiensi air dan energi, serta perdagangan karbon. Dan, kita bekerja sama dengan para rekan dan pemangku kepentingan lainnya dalam sektor jasa keuangan untuk semakin mendorong keterlibatan mereka dalam bereaksi terhadap perubahan iklim.

Energi terperbarui

Kita telah menciptakan suatu tim khusus pembiayaan energi terperbarui, dalam bisnis pembiayaan lingkungan kita. Bisnis tersebut mencakup serangkaian sumber-sumber terperbarui, di antaranya energi dari limbah, panas bumi, dan gas metana batu bara serta pilihan yang lebih lazim seperti angin dan solar. Tim tersebut berkonsentrasi pada investasi dalam pasar inti kita, suatu perbedaan penting mengingat sebagian besar investasi kita hingga hari ini telah diarahkan ke Eropa dan AS.

Krisis keuangan global juga telah berdampak pada sektor energi terperbarui dengan investasi yang melambat akibat hambatan likuiditas yang menurunkan jumlah dana yang tersedia.

Di Standard Chartered kita telah bereaksi dengan memperluas keterlibatan kita, memberikan saran bagi kalangan pabrikan perangkat yang terperbarui, sekaligus proyek dan sponsor instalasi. Pengalaman kita yang luas dan hubungan dekat dengan pemerintahan secara global menunjukkan bahwa kita kerap diminta untuk memberikan saran yang bersifat khusus. Pada tahun 2008 misalnya, kita membantu suatu pemerintahan nasional dalam menciptakan sistem peraturan bagi sumber-sumber terperbarui yang akan membantu menunjang proyek angin lebih lanjut.

Pada taraf internasional, melalui Clinton Global Initiative di tahun 2007, kita berkomitmen untuk membiayai berbagai proyek energi bersih dan terperbarui pada tahun 2012 yang berkisar antara $8 hingga $10 miliar. Hingga saat ini, kita telah menyalurkan dana proyek sebesar $1.4 miliar pada pasar-pasar tersebut dan $1,8 miliar di Eropa.

Efisiensi energi

Pada tahun 2008, Standard Chartered menjadi bank pertama yang bermitra dengan Asian Development Bank (ADB) dalam mendukung investasi hemat energi di China. Kita memberikan pembiayaan jangka menengah bagi sistem hemat energi, awalnya bagi gedung-gedung, sementara ADB memberikan jaminan parsial. Nilai program pertama mencapai $110 juta selama sembilan tahun (lihat studi kasus).

Perdagangan karbon

Sebagian besar perdagangan karbon hingga saat ini berlangsung di Eropa, hal ini didorong oleh skema perdagangan emisi oleh Uni Eropa. Melalui meja perdagangan karbon kita di Dubai, kita bekerja di seluruh penjuru Asia, Afrika dan Eropa untuk membantu para klien mulai dari usaha kecil hingga konglomerat besar dalam mengakses pasar karbon dan mendapatkan harga terbaik untuk Certified Emission Reductions (CER) mereka. CER yang telah kita jual berasal dari proyek-proyek energi terperbarui atau hemat energi. Pada tahun 2009, kita berniat memerluas perdagangan karbon ke Afrika.

Air

Sebagian dari pasar kita adalah termasuk daerah yang terkena dampak kelangkaan dan kualitas air yang buruk dan situasi ini diduga akan terus berlangsung parah dikarenakan perubahan iklim dan pertumbuhan penduduk. Pada tahun 2008, kita menyelenggarakan peninjauan strategis terhadap peluang investasi yang terkait dengan air untuk menentukan sebaik apa kita dapat mendukung proyek yang terkait dengan air. Kita telah bertindak sebagai yang terdepan dalam transaksi pembiayaan proyek sektor air di Timur Tengah, dan tengah mengembangkan bisnis serupa di Asia. Principal Finance aktif dalam mengadakan investasi melalui Dana Infrastruktur Asia SCB - IL&FS yang baru dibentuk di antaranya:

  • Suatu investasi senilai $71 juta pada perusahaan pengolahan limbah cair dan pasokan air di China (Standard & Crystal Water)
  • Saham sebesar 50 persen di MPC, sebuah perusahaan besar pembangkit daya di Asia Utara dengan 35 persen dari kapasitas neto sebesar 1.370MW dari pembangkit listrik tenaga air dan udara, yang merupakan bagian yang proporsional untuk energi terperbarui

Asian Development Bank

Investasi hemat energi

Pada tahun 2008, kita bermitra dengan Asian Development Bank dalam program jaminan kredit untuk mendukung proyek hemat energi sektor swasta kecil dan menengah di China.

Program Pembiayaan Multiproyek Hemat Energi membantu para pengguna energi di China untuk mengakses pembiayaan demi meningkatkan efisiensi energi pada gedung-gedung baru dan yang sudah ada. Program ini membiayai penyempurnaan gedung-gedung yang sudah ada, umumnya menghasilkan penghematan energi sebesar 20 - 40 persen. Mengingat urbanisasi berlangsung pesat di China, efisiensi energi yang lebih baik pada gedung-gedung akan menghasilkan penurunan substansial yang tahan lama dalam penggunaan energi dan emisi gas rumah kaca.

 
Atas

Perbankan ritel

Kita terus mengedepankan layanan perbankan online bagi para nasabah ritel kita. Perbankan elektronik dapat mengurangi konsumsi kertas, sekaligus energi yang diperlukan untuk menyebarkan salinan kertas (hard copy) rekening serta korespondensi lainnya. Kita telah meluncurkan dan menyempurnakan perbankan online kita yang mulanya melayani 16 negara menjadi 25 negara pada tahun 2008 dengan 25 persen peningkatan nasabah terdaftar dan 35 persen peningkatan aktivitas online hingga saat ini.

Pada tahun 2008 kita telah meluncurkan eStatement di China dan Hong Kong, dan lebih lanjut kita berniat untuk menggulirkan kemampuan eStatement di 17 pasar kita pada tahun 2009.

Kita berniat untuk menekan 40 persen rekening kertas di pasar-pasar utama kita pada tahun 2011 sekaligus membuat kemajuan yang signifikan menuju akhir 2009 ini demi menyelamatkan lebih dari 420 pohon per tahun.

Prinsip-prinsip iklim

Pada tahun 2008, kita merupakan salah satu penggagas Prinsip-Prinsip Iklim , suatu kerangka kerja komprehensif yang memandu praktik terbaik di seluruh sektor keuangan sebagai tanggapan terhadap risiko dan peluang perubahan iklim. Ini memerkuat komitmen kita yang sudah ada dalam menanamkan pertimbangan perubahan iklim ke dalam aktivitas dan strategi bisnis.

Sebagai salah satu penandatangan:

  • Kita telah membuktikan bahwa kita memiliki strategi rendah karbon yang kuat dan mengelola emisi operasional kita dengan baik
  • Kita berkomitmen untuk mengatasi permasalahan iklim dan karbon dalam aktivitas dan strategi bisnis kita
  • Kita berkomitmen untuk melibatkan dan mendukung pemasok, klien, staf dan pembuat kebijakan untuk beralih ke perekonomian rendah karbon
  • Kita meninjau dan memaparkan Prinsip-prinsip tersebut setiap tahun

Pembangkit listrik tenaga surya Sinan, Korea Selatan

Proyek surya fotovoltaik terbesar di Asia

Ini merupakan proyek surya terkemuka di Korea dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Proyek ini mulai beroperasi dalam dua tahap selama tahun 2008, dengan kapasitas akhir yang mencapai 25MW. Pembangkit ini menghasilkan 33.000 MWh listrik setiap tahun - cukup untuk memasok 7.200 rumah dengan energi tanpa polusi dari tahun ke tahun. Proyek ini sendiri membantu Korea dalam menekan emisi karbon dioksida sebesar 24.000 ton per tahun - setara dengan menanam 168.000 pohon.

 
Atas

Ikhtisar

  • Investasi $71 jutadalam fasilitas pasokan air dan pengolahan air kotor di China
  • Peningkatan 35 % dalam aktivitas perbankan online di 25 negara
  • $8-10bn dijanjikan untuk proyek teknologi yang dapat diperbarui dan bersih hingga tahun 2012