Pembiayaan berkesinambungan

Di Standard Chartered kita mengakui bahwa sebagai suatu bank terkemuka bertaraf internasional kita memiliki kemampuan dan tanggung jawab yang luar biasa demi kelangsungan jangka panjang dari planet kita.

Sejauh ini, dampak terbesar kita terhadap masyarakat dan lingkungan adalah melalui dukungan kita terhadap aktivitas bisnis para klien kita. Keputusan pembiayaan kita - siapa dan apa yang kita biayai - memungkinkan kita untuk memberikan kontribusi terkuat bagi pembangunan yang berkelanjutan.

Kita berupaya untuk memimpin melalui keteladanan dan bekerja sama dengan para klien untuk saling berbagi komitmen dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, melindungi lingkungan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di mana kita tinggal dan bekerja. Sebagai mitra bagi para klien kita, kita bekerja sama dengan mereka untuk mengelola risiko lingkungan, sosial dan tata laksana perusahaan (risiko kelangsungan) serta mendukung aktivitas bisnis yang meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

''Salah satu bidang risiko yang akan terus tumbuh adalah risiko lingkungan - segala sesuatu mulai dari ancaman langsung terhadap kesehatan hingga perubahan iklim. Melalui strategi lingkungannya Bank dapat membantu para nasabah untuk memahami dan menangani paparan mereka terhadap risiko-risiko tersebut dengan lebih efektif.'' dari Tom Burke,
pakar lingkungan dan penasihat bagi Komite Lingkungan Bank

Kerugian lingkungan, ekonomi dan sosial akibat perubahan iklim dan dampaknya menjadi semakin nyata, khususnya di negara-negara yang memiliki kapasitas terbatas dalam menekan dan menyesuaikan diri dengan risiko-risiko utama yang terkait dengan perubahan iklim. Di dalam pasar-pasar utama kita, kita dan para klien bekerja sama untuk bereaksi terhadap tantangan tersebut melalui dua cara penting:

Dan upaya kita pun membuahkan hasil. Tim khusus energi terperbarui kita telah, sejak 2007, menyalurkan pembiayaan sebesar $1.4 miliar untuk berbagai proyek di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Demi mengembangkan upaya dalam jejak langkah kita, pada tahun 2008 kita bermitra dengan Asian Development Bank untuk mendukung investasi efisiensi energi di China dalam sebuah program senilai $110 juta selama sembilan tahun.

Dengan memerhatikan kesinambungan secara menyeluruh, kebijakan Risiko Sosial dan Lingkungan kita mensyaratkan agar seluruh uji tuntas pinjaman dan investasi menyertakan suatu penilaian terhadap risiko kesinambungan utama. Pada tahun 2008, kita menetapkan pernyataan sikap yang memberikan panduan bagi para staf garis depan (frontline) di antaranya relationship manager, staf kredit dan manajer portofolio, perihal 11 sektor bisnis utama dan topik-topik penting seperti perubahan iklim dan perburuhan anak.

Bagian ini melaporkan peluang untuk menyalurkan pembiayaan bagi peralihan menuju perekonomian rendah karbon dan pengelolaan risiko kesinambungan kita. Melindungi Lingkungan Hidup melaporkan berbagai aspek lain terkait dengan strategi lingkungan kita, di antaranya mengelola dampak operasi kita serta melibatkan para pemangku kepentingan. Mendukung pengembangan sosial dan ekonomi dikemukakan dalam Akses terhadap Jasa Keuangan.

Ikhtisar

  • Pembiayaan $117juta dijanjikan untuk sistem hemat energi
  • $3.2juta untuk pembiayaan proyek energi yang dapat diperbarui dan teknologi bersih sejak tahun 2007
  • Mengembangkan13 Sektor dan Menerbitkan Pernyataan Sikap
The Banker Logo Awards

The Banker Commendations 2008 – Banking the Unbanked

The Banker Commendations 2008 – Best Corporate Finance

The Banker Commendations 2008 – Best Overall bank